Jumat, 29 Mei 2020

Sebanyak 331 Pelari Indonesia Ikuti Berlin BMW World Major Marathon 2019

- 30 September 2019, 20:24 WIB
SEBAGIAN pelari dari Indonesia yang mengikuti BMW Berlin Marathon 2019, Minggu, 29 September 2019.*/ISTIMEWA

SEBUAH event maraton terutama yang termasuk dalam Abbott World Major Marathon sangatlah bergengsi. Abbott World Marathon Majors (WMM) adalah satu serian event maraton yang terbesar di dunia. Race maraton ini setiap tahun dilaksanakan di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York. 

Pada Minggu, tanggal 29 September 2019, terdapat lebih dari 49,000 peserta dari 150 negara di seluruh dunia. Untuk dapat mengikuti event seperti Berlin Marathon, seorang pelari harus memiliki kualifikasi pelari cepat dalam waktu penyelesaian maraton yang pernah dilakukan sebelumnya di event yang berkelas IAAF (International Association of Athletics Federation), memenangkan slot dari undian (ballot), atau mendaftar dalam kategori charity (harga untuk beramal). 
 

Tidak mudah untuk dapat mengikuti event WMM jika bukan seorang pelari cepat, seringkali bergantung keberuntungan. Bahkan ada pelari yang berkali-kali memasukkan nama ke ballot untuk event maraton WMM masih belum bisa memenangkannya.

Pada Berlin Marathon kali ini, sebanyak 331 pelari dari Indonesia mengikuti Berlin Marathon. Jumlah yang cukup banyak sehingga Kedutaan Besar Indonesia Jerman di Berlin dengan gembira dan hangat menyambut para pelari Indonesia untuk berkumpul di hari Jumat 27 September 2019 untuk acara Carbo Loading. 

Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno memberikan sambutan hangat kepada 300-an pelari yang hadir. Saat ini penduduk Indonesia di Jerman terbanyak dibandingkan negara-negara lain. Untuk mahasiswa Indonesia sejumlah sekitar 2300-an mahasiswa.

“Harapan saya ke depannya, makin banyak orang Indonesia sekolah di Jerman, mengingat biaya kuliah tergolong tidak mahal, hanya perlu membayar biaya hidup saja,” katanya dalam rilis yang diterima "PR", Senin, 30 September 2019. 

Selain itu, beliau mengatakan bahwa saat ini mulai mencoba mengenalkan produk Indonesia ke Jerman. Antara lain produk sepeda Polygon, sudah mulai diikutkan dalam pameran Trade Show di Jerman tidak lama ini. 

Beralih ke topik maraton, Arif mengatakan bahwa suhu udara Berlin saat ini sebetulnya belum optimal. "Suhu ideal untuk maraton seharusnya 7 derajat Celcius, saat ini diramal untuk hari Minggu akan bersuhu 17 derajat Celcius,” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Eva Fahas


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X