Pengobatan Antibodi Glaxo Diklaim Efektif 'Kalahkan' Mutasi Covid-19 Varian Omicron

- 8 Desember 2021, 14:55 WIB
Ilustrasi - Pengobatan Antibodi Glaxo diklaim efektif mampu mengalahkan mutasi Covid-19 varian Omicron
Ilustrasi - Pengobatan Antibodi Glaxo diklaim efektif mampu mengalahkan mutasi Covid-19 varian Omicron /ANTARA/Pavlo Gonchar

PIKIRAN RAKYAT - GlaxoSmithKline Plc mengatakan penelitian menunjukkan pengobatan antibodi Covid-19 miliknya efektif kalahkan kombinasi penuh mutasi pada Covid-19 varian Omicron.

Pengujian yang dilakukan in-vitro terhadap virus semu yang membuat ulang versi varian Omicron yang disintesis menunjukkan bahwa sotrovimab, pengobatan antibodi Glaxo, tahan terhadap semua mutasi pada protein lonjakan varian Omicron.

Dengan kata lain, pembuat obat tersebut mengklaim pengobatan antibodi Glaxo efektif untuk melawan semua mutasi varian Omicron, bukan hanya mutasi kunci.

Tes tersebut mencakup semua 37 mutasi varian Omicron yang diidentifikasi hingga saat ini dalam protein lonjakan.

Baca Juga: Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions, Kualitas PSG Disebut Tak Perlu Dipertanyakan

Pengamatan Glaxo datang di tengah ketidakpastian tentang apakah varian Omicron mengikis pertahanan obat-obatan dan vaksin yang ada.

Banyaknya mutasi, terutama pada protein lonjakan yang menjadi target sebagian besar perawatan, telah memicu kekhawatiran di seluruh dunia dan menakuti pasar keuangan.

Saham Vir Biotechnology Inc., co-developer obat, naik sebanyak 5,2 persen di New York.

Sementara Glaxo naik 0,2 persen di London setelah sebuah penelitian menunjukkan bahwa vaksin pembuat obat Inggris yang dikembangkan dengan Medicago Inc. menunjukkan kemanjuran terhadap beberapa varian Covid-19.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Bloomberg

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network