Lima Fakta Terkini Kebakaran Hutan Amazon

- 26 Agustus 2019, 13:22 WIB
HASIL citra satelit kebakaran hutan Amazon di wilayah Brasil, Sabtu, 24 Agustus 2019.*/REUTERS

PEKAN lalu, masyarakat dunia dikejutkan dengan terbakarnya hutan Amazon, hutan hujan tropis terbesar di dunia. The National Institute for Space Research dalam laman CNN mengungkapkan, tercatat ada 72.843 kebakaran di Brasil sepanjang tahun ini, dan lebih dari setengahnya terjadi di wilayah hutan Amazon

Kondisi ini tentu membuat publik dunia terhenyak. Gelar paru-paru dunia yang disandang Hutan Amazon tentu bukan sekadar formalitas. Pohon-pohon di Amazon menyerap 2 miliar ton karbon dioksida setiap tahun. Amazon juga berkontribusi sebesar 20 persen terhadap produksi oksigen global.

Lalu, bagaimana kondisi terkini Hutan Amazon yang diamuk Si Jago Merah? Berikut lima faktanya. 

 

1. Pemerintah Brasil akhirnya kerahkan pesawat militer dan 44.000 tentara

Dilansir Associated Press, Minggu, 25 Agustus 2019, Pemerintah Brasil mengerahkan pesawat militer dan 44.000 tentara untuk memadamkan kebakaran yang  melanda sebagian kawasan Amazon.

Menteri Pertahanan dan Menteri Lingkungan Brasil menggambarkan rencana untuk memadamkan kebakaran, yang telah memicu kemarahan internasional itu.  Sentimen negatif terhadap cara Presiden Brasil Jair Bolsonaro dalam menangani krisis lingkungan itu, juga mengundang sejumlah unjuk rasa di Brasil. 

Presiden Jair Bolsonaro pada Jumat, 23 Agustus 2019 mengizinkan militer untuk terlibat dalam memadamkan api. Ia juga mengatakan bahwa ia akan  berkomitmen untuk melindungi kawasan Amazon dan hutan lainnya.

Ucapan Bolsonaro itu berbuah cibiran dunia internasional. Sebelumnya, Presiden Brasil itu telah menyebutkan bahwa perlindungan hutan hujan menjadi  hambatan bagi pembangunan ekonomi Brasil. Kantor diplomatik Brasil di berbagai penjuru dunia juga disambangi aktivis pencinta lingkungan.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X