Sabtu, 29 Februari 2020

Stupa Borobudur Kini Ada di Kebun Raya Ukraina

- 19 Agustus 2019, 13:41 WIB
TARI Lenggang Nyai sambut pembukaan tirai stupa. Beginilah replika Stupa Borobudur yang dibangun oleh KBRI Kyiv, di Kyiv, Ukraina.*/KBRI UKRAINA

KIEV, (PR).- Stupa Borobudur, simbol mahakarya Nusantara kini ada di Ukraina. Replika stupa Borobudur dengan ukuran yang sama dengan stupa aslinya itu, dibangun KBRI Kiev di Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko, Kiev, ibu kota Ukraina.

Peresmian stupa tersebut baru saja dilakukan Dubes RI, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.H., M.E. pada tanggal 17 Agustus 2019, bertepatan dengan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. 

Dalam acara itu, resepsi diplomatik HUT ke-74 RI juga turut digelar. Sekitar 400-an orang dari berbagai kalangan hadir dalam acara tersebut. Di antaranya, politisi, pengusaha, para Kepala Perwakilan Asing, Organisasi-Organisasi Internasional berakreditasi di Ukraina, tokoh-tokoh masyarakat, budayawan, pejabat tinggi Ukraina, masyarakat Indonesia di Ukraina, kalangan jurnalis media setempat, Friends of Indonesia di Ukraina dan seluruh mitra KBRI

Melansir siaran pers KBRI Ukraina yang diterima Pikiran Rakyat Online,  Minggu malam, acara dimulai pada 17 Agustus pukul 16.30 waktu setempat. Peresmian ditandai dengan pemukulan gong tiga kali, yang langsung diikuti dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang membuat suasana khidmat dan mendebarkan, dan disambung dengan lagu kebangsaan Ukraina. 

Setelah itu, disusul dengan pidato sambutan   peresmian Stupa Borobudur oleh Kepala Dewan Presidum National Academy of Sciences of Ukraine, Prof. Volodymyr Radchenko, otoritas yang  membawahi Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko dan  disambung oleh  Dubes RI Yuddy Chrisnandi yang diikuti dengan prosesi peresmian stupa dan resepsi diplomatik HUT RI ke-74.

Prof. Dr. Volodymyr Radchenko, ilmuwan  Ukraina ini menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada  pemerintah Indonesia atas kerja samanya, serta mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh KBRI dalam membangun stupa Borobudur dan Taman Indonesia ini di wilayah kebun raya yang dipimpinnya. 
Kini warga setempat pun dapat menikmati suasana Indonesia yang secara permanen tertancap di kawasan ini.  

Tanda persahabatan

Dubes RI, dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya dapat membangun stupa, yang merupakan mahakarya Nusantara, lambang simbol kebesaran peradaban bangsa Indonesia ini di Ukraina. 

Masih dalam pidatonya, Dubes Yuddy juga menyampaikan kepada rakyat Ukraina ucapan selamat menyambut Hari Kemerdekaan Ukraina ke-28 yang jatuh pada tanggal 24 Agustus mendatang.

Lebih lanjut, kata Dubes Yuddy, atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, dirinya mempersembahkan replika Stupa Borobudur ini sebagai hadiah Hari Kemerdekaan Ukraina, sekaligus sebagai tanda kenangan persahabatan abadi antara Indonesia dengan Ukraina.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X