Teori Konspirasi Kematian Epstein, Ini Penjelasannya

- 14 Agustus 2019, 13:19 WIB
DEMONSTRAN menyesalkan kematian terdakwa predator anak yang juga merupakan pemodal kaya Jeffrey Epstein di depan Pengadilan Federal New York, 8 Juli 2019. Dengan kematian itu, korban tidak akan bisa menuntut pertanggungjawaban.*/GETTY IMAGES

BUNUH diri yang dilakukan banker dan pemodal ternama Jeffrey Epstein pekan lalu di penjara federal Amerika Serikat telah menimbulkan serangkaian teori konspirasi daring. Hal tersebut didorong oleh ikatan Epstein dengan sejumlah elit dunia termasuk para pangeran, politisi, dan orang- orang kuat dan terkenal lainnya.

Seperti dilaporkan The Guardian, teori- teori daring menawarkan spekulasi yang tidak berdasar. Beberapa diantaranya menyatakan bahwa kematian Epstein yang merupakan terdakwa predator anak bukanlah bunuh diri, melainkan kebohongan.

Donald Trump yang di era 1990-an pernah menjadi sahabat Epstein, termasuk yang meyakini Epstein tewas bukan karena bunuh diri.

Beberapa jam setelah kematian Epstein, tagar #EpsteinMurder ramai diperbincangkan di seluruh dunia. Trump pun ikut serta dalam perbincangan itu menggunakan akun twitter-nya dibawah pengawasan pemerintah. 

Trump yang terkenal karena klaimnya bahwa Barack Obama dilahirkan di luar AS, turut me-retweet klaim yang tidak berdasar tentang kematian Epstein. Para politisi lain juga turut mempertanyakan keadaan ini di media sosial mereka.

loading...

Senator Republik, Rick Scott dari Florida yang diduga sebagai tempat pelecehan seksual yang dilakukan Epstein juga ikut berkomentar. Ia menyatakan bahwa mungkin saja ada orang lain yang terlibat dalam kematian Epstein saat dia meminta pejabat untuk menjelaskan yang terjadi di Metropolitan Correctional Center (MCC) di Manhattan.

Scott juga menulis bahwa Biro Penjara Federal harus memberikan jawaban tentang kegagalan sistemik di MCC Manhattan. 

Selain itu, jawaban tentang tindakan kriminal yang memungkinkan pengecut ini menyangkal keadilan bagi para korbannya juga perlu disiapkan.

Mantan walikota New York, Rudi Giuliani yang merupakan pengacara Trump saat ini juga menulis cuitan dengan beberapa pertanyaan tentang kematian Epstein.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X