Minggu, 15 Desember 2019

Ukuran Burung Nuri Purba Lebih Tinggi dari Seorang Manusia

- 9 Agustus 2019, 11:02 WIB
ILUSTRASI burung.*/IFLSCIENCE

WELLINGTON, (PR).- Seekor burung nuri raksasa yang menjelajahi Selandia Baru sekitar 19 juta tahun lalu memiliki tinggi sekitar 1 meter – lebih dari separuh rata-rata tinggi seorang manusia pada umumnya. Demikian hasil studi terbaru, sepertil dilansir BBC News,  Kamis, 8 Agustus 2019.

Sisa-sisa burung nuri lainnya ditemukan di dekat St Bathans di Selandia Baru sebelah selatan wilayah Otago.

Dengan ukuran Nuri yang besar itu, burung ini di masa lalu diyakini tak dapat terbang dan juga merupakan pemakan daging, tidak seperti burung kebanyakan saat ini.

Studi tentang burung ini telah diterbitkan di jurnal Biology Letters awal pekan ini.

Memiliki berat badan seberat 7 kilogram, burung tersebut dua kali lebih berat dari burung kakapo, yang sebelumnya diketahui sebagai beo terbesar.

“Tidak ada burung beo raksasa lainnya di dunia,” kata Professor Trevor Worthy, seorang ahli palaeontologi di Universitas Flinders di Australia dan penulis utama studi ini, kepada BBC. “Menemukan fakta terbaru soal nuri purba ini sangatlah penting.”

Ahli palaeontologi telah menjuluki spesies baru ini dengan nama Heracles inexpectatus karena dikenal dengan ukuran yang tidak biasa dan kekuatannya.

Tulang-tulang itu – awalnya diyakini milik elang atau bebek – disimpan dalam penyimpanan selama 11 tahun hingga awal tahun ini, ketika tim ahli palaeontologi menganalisisnya kembali.

Professor Worthy mengatakan,  salah satu dari muridnya menemukan tulang nuri secara kebetulan di laboratoriumnya selama proyek penelitian.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X