Minggu, 29 Maret 2020

Ratusan Pekerja Migran Indonesia di Johor Malaysia Semarakkan Lomba Rakyat Khas HUT RI

- 6 Agustus 2019, 16:20 WIB
SUASANA perayaan HUT 74 RI yang diselenggarakan KJRI Johor Bahru dengan perusahaan Kulim (Malaysia) Berhad. Sekitar 450 orang PMI yang bekerja di ladang sawit tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan lomba 17-an yang diselenggarakan di Ladang Basir Ismail Ulu Tiram, Johor.*/DOK PR

JOHOR BAHRU, (PR).- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru-Malaysia menggelar lomba rakyat untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan rasa persaudaraan antarwarga PMI, meningkatkan rasa nasionalisme, sekaligus mengobati rindu kepada Indonesia.

Perayaan HUT 74 RI yang digelar lebih cepat itu diselenggarakan atas kerja sama KJRI Johor Bahru dengan perusahaan Kulim (Malaysia) Berhad. Sekitar 450 orang PMI yang bekerja di ladang sawit tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan lomba 17-an yang diselenggarakan di Ladang Basir Ismail Ulu Tiram, Johor, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Konjen RI Johor Bahru, Sunarko, mengatakan bahwa kegiatan lomba 17-an di ladang ini dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. "Kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke-74, juga merupakan bagian dari kegiatan pembinaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menciptakan kerukunan warga," ujarnya, seperti rilis yang diterima "PR".

Dia pun menyatakan dirinya merasa senang para PMI antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Marilah kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat Indonesia di perantauan,” ujar Sunarko.

Selain itu, Sunarko menuturkan, KJRI Johor Bahru senantiasa siap untuk memberikan pelayanan dan perlindungan bagi warga masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Johor Bahru. Pihaknya menyatakan siap hadir untuk membantu para PMI.

loading...

Dpada kegiatan itu, para PMI pekerja ladang terlihat sangat menikmati dan terhibur dengan berbagai perlombaan rakyat yang diselenggarakan panitia. Lomba yang digelar di antaranya panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, balap karung, bowling kelapa, dan karaoke.

Teriakan semangat dan gelak tawa pun terdengar berderai di tengah kebun sawit untuk menyemangati tim dan teman yang bertanding ataupun ketika peristiwa lucu terjadi. Tercatat, ada empat ladang turut berpartisipasi dalam lomba khas 17-an itu, yaitu ladang Air Putih, Namheng, Ulu Tiram Estate, dan Rubber Estate Malaya.

Para pekerja Indonesia yang berpartisipasi mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan yang dirasakan sangat menghibur dan mengobati kerinduan mereka terhadap kemeriahan 17-an di tanah air. Kegiatan semacam ini diharapkan dapat diselenggarakan rutin setiap tahun.***

Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X