Rabu, 11 Desember 2019

Hasil Penelitian, Orang Lebih Peduli Kembalikan Dompet Berisi Uang

- 22 Juli 2019, 09:04 WIB
Uang/ANTARA

NEW DELHI, (PR).- Beberapa tahun lalu, para asisten peneliti "menemukan" 400 dompet di tempat publik seperti bank, bioskop, hotel, kantor polisi, kantor pos dan pengadilan, di delapan kota di India.

Sebelum pergi, mereka menyerahkan dompet-dompet tersebut kepada penjaga keamanan dan resepsionis setelah mengklaim telah menemukannya.

Beberapa dompet tidak berisi uang. Sementara yang lain memiliki 230 rupee (sekitar Rp. 46.500) dalam bentuk tunai. Setiap dompet berisi tiga kartu nama yang identik, dengan nama dan alamat email pemilik, daftar belanjaan dan sebuah kunci.

Seperti dilansir BBC, tim peneliti yang menyamar sebagai pemilik dompet, kemudian menunggu untuk dihubungi penjaga keamanan dan resepsionis, sebagai bagian dari percobaan untuk menguji kejujuran mereka.

Dompet itu diserahkan kepada 314 pria dan 86 wanita di kota Ahmadabad, Bangalore, Coimbatore, Hyderabad, Jaipur, Kolkata, Mumbai, dan Delhi.

Secara mengesankan, 43% dompet berisi uang dikembalikan ke pemiliknya. Namun, angkanya jauh lebih rendah untuk dompet tanpa uang tunai, hanya 22% yang dikembalikan.

Hasil percobaan menarik yang baru diterbitkan di jurnal Science ini, membuktikan bahwa orang lebih jujur ​​daripada yang kita pikirkan.

Alan Cohn, seorang ekonom perilaku di University of Michigan dan salah satu penulis utama penelitian tersebut mengatakan, hal ini adalah "sesuatu yang tidak kami harapkan".

"Ketika orang mendapat untung besar dari keterlibatannya dalam perilaku tidak jujur, keinginan untuk menipu meningkat. Begitu juga beban psikologis untuk memandang diri sendiri sebagai pencuri. Kadang-kadang, yang terakhir akan mendominasi yang pertama," tulis penulis studi tersebut.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X