Senin, 17 Februari 2020

Lebih dari 50 Danau Tersembunyi di Bawah Lapisan Es

- 28 Juni 2019, 06:20 WIB
AIR lelehan dari puncak lapisan es Greenland bisa mengalir ke dasar.*/MARIA-JOSÉ VIÑAS/NASA/GODDARD

LONDON, (PR).- Para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari 50 danau cair baru di bawah lapisan es Greenland. Sebelumnya hanya empat danau yang pernah terdeteksi.

Antartika menyembunyikan sekitar 470 danau di bawah esnya, tetapi studi terbaru Inggris dan AS ini membuktikan wilayah kutub utara juga memilikinya.

Tapi, ukurannya tidak sebesar di Antartika. Danau terbesar di selatan, Danau Vostok, panjangnya 250 km. Sementara danau subglasial terbesar di Greenland hanya sepanjang enam kilometer.

Wilayah air yang luas dapat menyatu di bawah lapisan es setebal satu kilometer karena sejumlah alasan.

Tekanan dari atas dan panas bumi dari bawah dapat mempertahankan bentuk cairan; air lelehan di permukaan juga akan mengalir ke dasar dan terkumpul di dalam lubang-lubang.

Para peneliti tertarik untuk menemukan danau seperti itu karena mereka bisa menjelaskan hidrologi (jaringan air) di bawah lapisan es dan pergerakannya.

Air bertindak sebagai pelumas, dan saat dunia memanas, membuat model tentang seberapa cepat es akan meluncur ke lautan akan membantu proyeksi kenaikan permukaan laut di masa depan.

Es di Greenland akan menaikkan permukaan lautan dunia sebesar tujuh meter jika semuanya mencair.

Jade Bowling dari Universitas Lancaster secara manual memeriksa 570.000 km data radar dikumpulkan oleh program IceBridge NASA di Greenland.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X