Rabu, 29 Januari 2020

Donald Trump Jadi Nama Desa di Dataran Tinggi Golan

- 20 Juni 2019, 08:16 WIB
ISRAEL merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam perang pada 1967.*/REUTERS

TEL AVIV, (PR).- Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, meresmikan Dataran Tinggi Trump, satu desa baru di Dataran Tinggi Golan, wilayah yang direbut Israel dari Suriah dalam perang pada 1967.

Saat meresmikan desa, Netanyahu mengatakan nama Trump dipakai sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan atas keputusan Trump "mengakui secara resmi kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan" pada Maret 2019.

"Desa ini memiliki makna simbolik yang sangat penting ... Amerika Serikat adalah sahabat Israel. Kami bangga bisa menamakan desa ini Dataran Tinggi Trump," kata Netanyahu, seperti dilansir BBC.

Mewakili Presiden Trump, Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel, David Friedman, mengatakan terima kasih atas keputusan pemerintah Israel.

Ia menggambarkan penamaan desa ini sebagai "penghormatan yang bersejarah".

Ia menambahkan dalam 70 tahun terakhir hanya ada dua presiden Amerika yang menjadi nama tempat. Yang pertama adalah Harry Truman dan yang kedua Donald Trump.

Desa di Dataran Tinggi Golan ini masih kosong. Belum ada rumah-rumah yang dibangun.

Hanya papan nama "Dataran Tinggi Trump" dan logo bendera Israel dan Amerika yang terlihat di papan nama tersebut.

Pihak-pihak yang mengritik peresmian desa menyebutnya sebagai "aksi publisitas yang tidak memiliki landasan hukum sama sekali".

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X