Jumat, 21 Februari 2020

Dalam 10 Hari Terkumpul Rp 11 Miliar untuk Notre-Dame

- 25 April 2019, 15:46 WIB
null

PARIS, (PR).- Sejak kebakaran yang melanda katedral Notre-Dame di Paris pekan lalu, sumbangan telah mengalir dari seluruh dunia untuk mengembalikan struktur bangunan kuno itu ke kejayaannya.Dari masyarakat biasa hingga miliarder telah memberikan sumbangan setidaknya kini telah terkumpul  € 750 juta atau hampir 11 miliar rupiah dalam 10 hari setelah puncak menara utama dan atap bangunan runtuh dalam kebakaran besar pada 15 April lalu.

Ahli ekonomi konstruksi Prancis menunjukkan bahwa sumbangan  jauh kurang untuk biaya perbaikan. Di tengah gelombang niat baik dan kemurahan hati, kritikus berpendapat bahwa uang itu bisa lebih baik digunakan di tempat lain. Akan tetapi mereka yang mengumpulkan uang untuk perbaikan, mendesak orang-orang untuk terus menyumbang. Dengan mengatakan sumbangan belum dapat digunakan untuk perbaikan Notre-Dame.

"Kita seharusnya tidak memberi tahu orang-orang untuk berhenti menyumbang karena kita masih tidak tahu berapa biayanya," kata Laurence Lévy dari kelompok relawan Prancis Fondation du Patrimoine.

Berapa biayanya?

Untec, serikat nasional yang mewakili ekonom konstruksi di Prancis, memperkirakan bahwa pekerjaan perbaikan dan restorasi di Notre-Dame akan menelan biaya maksimum € 600 juta, tidak termasuk PPN. "Biayanya minimal sekitar € 300 juta dan level tinggi adalah sekitar € 600 juta tetapi kita perlu memiliki dua atau tiga bulan untuk memiliki biaya yang tepat," kata Presiden Untec Pascal Asselin kepada BBC.

Biaya yang diperkirakan tersebut termasuk biaya mengamankan struktur, mengganti atap dan kerangka, menggunakan tukang batu ahli dan menyelesaikan pekerjaan restorasi yang rumit, menurut saluran berita Perancis BFM TV.

Selain itu, perkiraan biaya yang disebutkan  belum termasuk biaya untuk para pekerja. Karena katedral dimiliki oleh negara, uang asuransi tidak akan mendanai perbaikan karena negara adalah perusahaan asuransi sendiri. Beberapa peninggalan dan karya seni di dalam Notre-Dame diasuransikan, seperti juga kontraktor yang mengerjakan bangunan sebelum kebakaran terjadi.

Mungkinkah lebih tinggi?

Para ahli yang dihubungi oleh BBC enggan berspekulasi tentang berapa banyak perbaikan yang mungkin terjadi.

Halaman:

Editor: Erwin Kustiman

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X