Rabu, 26 Februari 2020

Ribuan WNI Kembalikan Surat Suara Melalui Pos Singapura

- 9 April 2019, 12:00 WIB
KETUA PPLN Singapura, David Saragih.*/ANTARA

BATAM, (PR).- Ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) pemlih dalam Pemilu 2019 yang tinggal di Singapura mengembalikan surat suara ke Kedutaan Besar RI (KBRI) melalui Pos Singapura.

"Sudah banyak surat suara yang tiba di KBRI dan kantor Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Singapura. Jumlahnya mencapai ribuan," ujar Ketua PPLN Singapura, David Saragih melalui pesan aplikasi di Batam, seperti dilaporkan Kantor Berita Antara, Selasa, 9 April 2019.

Surat suara itu dikembalikan WNI dalam kondisi sudah dicoblos, sesuai dengan pilihan masing-masing. "Surat suara terus berdatagan setiap hari," kata dia.

PPLN terus menerima surat suara yang masuk melalui pos hingga Rabu, 17 April 2019. PPLN Singapura sengaja membuat kebijakan memilih lewat pos untuk memudahkan WNI yang tidak dapat datang ke KBRI saat pelaksanaan Pemilu, Minggu, 14 April 2019.

PPLN sudah mulai mengirim surat suara ke kediaman masing-masing pemilih menggunakan jasa Pos Singapura sejak awal Maret 2019. Di Singapura, setiap pemilih diberikan dua kertas suara, yaitu untuk pemilihan presiden dan pemilihan DPR RI.

PPLN Singapura membagi pemilih melalui pos ke dalam sembilan Tempat Pemungutan Suara TPS). Setelah surat suara dicoblos dikembalikan pemilih, maka petugas akan memasukkannya ke kotak sesuai dengan TPS masing-masing.

Surat suara tercoblos yang tiba di KBRI langsung disimpan di ruangan khusus dengan penjagaan CCTV selama 24 jam setiap harinya. Seluruh surat suara itu baru akan dibuka pada saat perhitungan suara, berbarengan degnan penghitungan suara pemilihan secara langsung, Rabu, 17 April 2019.

"Bersamaan dengan waktu penghitungan suara yang di Indonesia," ujar David. PPLN Singapura mencatat dari 125.403 WNI yang masuk DPT, sebanyak 18.480 diantaranya sudah menyalurkan hak suara melalui Pos Singapura.***


Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X