Rabu, 19 Februari 2020

Sungai Terpapar Amonia, Pasokan Air Terganggu

- 6 April 2019, 11:10 WIB
ILUSTRASI pencemaran sungai.*/DOK. PRFM

KUALA LUMPUR, (PR).-  Sungai Sayong di Malaysia terpapar amonia dari limbah pabrik.

Seperti dilansir The Star, Jumat 5 April 2019, kandungan amonia yang tinggi di Sungai Sayong mengganggu pasokan air 17.000 rumah di kota Kulai, Johor, Malaysia.

Sungai Sayong terpapar polusi setelah waduk yang terletak di sebuah pusat biokomposit dekat pengilangan minyak kelapa sawit Sedenak meluap dan menyebabkan air tercemar mengalir ke sungai. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komite Perdagangan, Investasi dan Utilitas Internasional Johor, Jimmy Puah Wee Tse.

“Pada tanggal 3 April, pencemaran amonia terjadi … dimulai pada pukul 7 pagi akibat waduk rusak yang menyebabkan air yang mengandung amonia mengalir ke Sungai Sayong,” ungkapnya seperti yang dikutip oleh Malaysiakini.

Ia mengungkapkan bahwa air yang tercemar itu membuat tiga instalasi pengolahan air di Semangar, Sungai Johor, dan Tai Hong harus menghentikan operasi mereka.

Pihak berwajib telah mencabut izin pengambilan air mentah dan melayangkan denda kepada perusahaan pemilik pengilangan minyak tersebut, ungkap Puah seperti yang dilansir oleh The Star.

"Pemerintah Johor tidak akan berkompromi dengan pihak yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Walau begitu, Puah tidak menyebutkan nama perusahaan yang bertanggung jawab atas kejadian ini ataupun jumlah denda yang harus mereka bayar.

Anggota Parlemen Kulai Teo Nie Ching, yang juga merupakan wakil menteri pendidikan Malaysia, mengatakan bahwa pengilangan minyak tersebut diperintahkan untuk memberhentikan produksi selama dua minggu.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X