Minggu, 15 Desember 2019

AS Desak Korut Hancurkan Semua Senjata Nuklir

- 8 Maret 2019, 22:16 WIB
ILUSTRASI pembangkir nuklir.*/ANTARA/PR

WASHINGTON, (PR).- Amerika Serikat mendesak Korea Utara untuk menghancurkan semua senjata nuklir, kimia, dan biologis yang miliknya jika ingin semua sanksi dicabut. Posisi kedua negara itu sendiri memanas setelah pertemuan pemimpin mereka di Hanoi minggu lalu.

Seperti dilansir The Guardian, Jumat 8 Maret 2019, Amerika Serikat melontarkan desakan tersebut setelah satelit menangkap foto Korea Utara yang membuka kembali pusat peluncuran roket luar angkasa yang sebelumnya ditutup setelah pertemuan pertama mereka pada Juni tahun lalu.

Kementerian luar negeri AS masih menunggu klarifikasi dari Pyongyang mengenai tujuan dibangunnya pusat peluncuran roket tersebut. Mereka juga mengingatkan bahwa peluncuran roket untuk keperluan apapun akan mengancam komitmen yang telah dibuat Kim Jong Un terhadap Donald Trump.

Penasihat keamanan nasional, John Bolton, mengatakan bahwa Presiden Trump kembali membuka kesempatan untuk melakukan pertemuan dengan Kim. Namun, Amerika Serikat ingin mendiskusikan kesepakatan untuk melucuti persenjataan Korea Utara supaya mereka dapat memiliki “masa depan yang cerah”.

Otoritas Kementerian Luar Negeri AS menambahkan bahwa Amerika Serikat tidak akan melakukan pencabutan seluruh sanksi sebelum Korea Utara melucuti semua persenjataan mereka.

“Bagaimanapun juga kami berharap denuklirisasi Korea Utara sebagai syarat untuk dapat menjalankan langkah-langkah lainnya,” ungkapnya.

Mereka mengatakan bahwa negosiasi yang sebelumnya dilakukan antara kedua negara tidak berjalan dengan baik.

“Kami mencoba (pendekatan) yang baru kali ini,” ungkapnya. Mereka yakin denuklirisasi Korea Utara bisa dicapai di akhir era kepemimpinan Trump.

Victor Cha yang bertugas diCentre for Strategic and International Studies (CSIS) mengungkapkan bahwa permintaan denuklirisasi dari kelompok Trump merupakan sebuah penawaran yang terlalu berlebihan.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X