Rabu, 11 Desember 2019

Hal-hal Menarik dari Kehidupan Bapak Filantropi Modern George Peabody

- 16 Maret 2018, 05:08 WIB

GOOGLE doodle hari ini kembali memperlihatkan rasa hormatnya kepada sosok berpengaruh di dunia. Kali ini, sosok tersebut adalah George Peabody.

George Peabody merupakan seorang pebisnis sukses dan bankir asal Columbus, Georgia Barat, yang lahir dari pasangan Elvira Canfield dan George Henry Peabody. Selain pebisnis sukses, ia juga adalah seorang dermawan yang kemudian dijuluki sebagai Bapak Filantropi Modern.

Di balik kesuksesan Peabody, ternyata ada fakta-fakta tentang dirinya yang jarang diketahui orang. Seperti dikutip dari buku George Foster Peabody: Banker, Philanthropist, Publicist karya Louise Ware (1951) di halaman 1 hingga 30, inilah fakta-fakta menarik tetang sang bankir:

Tak seperti anak-anak lain yang mulai bersekolah pada usia 7 tahun, orangtua George Peabody justru tidak menyekolahkannya hingga usia 10 tahun. Hal ini dikarenakan ibunya ingin mendidik Peabody menjadi orang yang takut kepada Tuhan.

Ibu Peabody lebih fokus mengajarkan cara membaca Alkitab daripada keterampilan membaca, menulis dan menghitung. Inilah yang kemudian membuat Peabody menjadi seorang yang taat agama.

Setelah perang saudara di beberapa kota di Georgia berakhir, keluarga Peabody hanya tinggal memiliki toko umumnya. Toko ini pun mengalami kerusakan parah dan kehilangan banyak barang dagangan.

Namun, ayah Peabody memutuskan untuk meneruskan bisnis tokonya itu. Ia pun pergi ke Utara untuk membeli kembali barang-barang untuk didagangkan. Selama ia pergi, ia memercayakan tokonya kepada Peabody yang kala itu baru berusia 13 tahun.

Setelah toko ayahnya ditutup dan keluarganya pindah ke Brooklyn, kondisi keuangan keluarga Peabody semakin memburuk. Apalagi ditambah ayahnya yang sakit-sakitan dan hanya bisa kerja sambilan.

Untuk membantu keluarganya, Peabody pun memutuskan untuk bekerja saat berusia 14 tahun. Ia bekerja sebagai pesuruh di sebuah perusahaan komisi barang kering.


Halaman:

Editor: Administrator

Komentar

Terkini

X