Sabtu, 25 Januari 2020

Tengkorak Perempuan Belanda Tertua Ditemukan di Bawah Laut Utara

- 5 Maret 2018, 06:48 WIB

BAGIAN dari tengkorak manusia prasejarah dan sebuah tulang bison yang berpola zigzag – dijuluki sebagai “perempuan Belanda tertua” dan “karya seni Belanda tertua” di dunia – yang telah diungkapkan oleh para peneliti di Belanda, dalam penelitian sebuah harta karun arkeologi manusia di bawah Laut Utara.

Seorang nelayan di Belanda menemukan sebagian tengkorak dan tulang dalam beberapa tahun terakhir, di bagian dataran yang tenggelam yang menghubungkan daratan Eropa dan Britania Raya sampai sekitar 9.000 tahun yang lalu.

Keduanya ditemukan dari akhir zaman es, sekitar 13.000 tahun yang lalu, ketika sebagian besar Laut Utara adalah sebuah hamparan dataran kering yang luasnya sampai 80 meter di atas permukaan laut ilmuwan menyebut wilayah itu adalah Doggerland. Namanya diambil dari nama dataran Dogger Bank antara Belanda dan Inggris. Tempat itu dinamai dari kapal-kapal nelayan Belanda abad pertengahan yang disebut dogger.

“Perkumpulan pemburu pasti telah menjelajahi dataran ini dan mungkin satu waktu mereka mengunjungi apa yang sekarang menjadi Inggris dan waktu berikutnya mereka tinggal di tempat yang sekarang menjadi belanda,” ujar arkeolog Marcel Niekus kepada Live Science.

Nieku, yang mempimpin arkeologi Stone Foundation di Belanda, adalah salah satu penulis dari penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Antiquity, dengan rincian bahwa bagian dari tengkorak kuno dan tulang bison sudah dipulihkan dari Laut Utara.

“Dan sekarang dataran yang tenggelam ini sangat penting bagi pemahaman kami mengenai masa lalu kami,” ujar Niekus. “Jadi, memang ada hartu karun dari penemuan arkeologi.”

Perempuan Belanda tertua

Bagian tengkorak tersebut ditemukan di dekat pantai pada tahun 2013. Para ilmuwan telah menggunakan analisis radiokarbon untuk mengetahui bagian tersebut berasal dari sekitar 13,000 tahun yang lalu, menjadikan itu tulang tertua dari manusia modern awal yang ditemukan di Laut Utara.

Analisis kimia dari bagian tengkorak – bagian dari tulang parietal kiri, satu dari dua lempeng bulat membentuk kubah tengkorak – menunjukkan bahwa itu berasa dari orang dewasa muda atau usia menengah, antara 22 dan 45 tahun, menurut penelitian baru.

Bentuk tengkorak tersebut menunjukkan bahwa itu berasal dari seorang perempuan, walaupun para peneliti tidak dapat mengonfirmasi jenis kelamis dari bagian tulang.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X