Minggu, 23 Februari 2020

Facebook Mulai Prioritaskan Media Tepercaya untuk Tangkal Hoaks

- 20 Januari 2018, 04:36 WIB

FACEBOOK mulai memprioritaskan media tepercaya untuk penggunanya sebagai bagian dari kampanye untuk terus melawan penyebaran berita hoaks.

Media sosial yang kini mempunyai lebih dari 2 miliar pengguna bulanan itu mengatakan, mereka akan mengadakan survei kepada pemilik akun untuk memberikan peringkat kredibilitas pada outlet berita. Program ini akan dimulai di Amerika Serikat sebelum diberlakukan secara internasional.

Outlet berita yang terpilih sebagai media “paling dipercaya” akan diletakkan di news feed paling depan dibanding outlet berita lain yang mendapatkan kredibilitas rendah.

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, lewat unggahannya menyatakan mengenai masalah ini. ”Sekarang ini terlalu banyak sensasi, kesalahan informasi dan pertentangan. Media sosial memungkinkan orang-orang untuk menyebarkan informasi lebih cepat dan jika kita tidak mengatasi masalah ini dengan tegas, kita hanya akan menyebarkannya,” ujarnya.

Facebook mendapatkan tekanan kuat sejak pemilihan presiden di Amerika Serikat pada 2016, ketika cerita palsu, teori konspirasi, dan kesalahan informasi, menyebar di seluruh platformnya.

Pengumuman kali ini merupakan perubahan besar kedua selama Januari 2018. Pekan lalu, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Facebook akan mengutamakan unggahan dari teman dan keluarga dibanding dari outlet berita dalam feeds.

“Setelah perubahan ini, kami memperkirakan berita dalam news feed akan berukurang menjadi kira-kira 4 persen dibanding sebelumnya yang berjumlah 5 persen,” katanya seperti dilaporkan The Telegraph.

Ia mengatakan, Facebook, telah memutuskan mengenai cara terbaik untuk menentukan nilai kepercayaan dan kredibilitas berita.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X