Arab Saudi Berjanji akan Targetkan Nol Emisi Karbon pada Tahun 2060

- 23 Oktober 2021, 20:46 WIB
Arab Saudi menargetkan untuk mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2060.
Arab Saudi menargetkan untuk mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2060. /Pixabay.com/SofiLayl

PIKIRAN RAKYAT- Pada Sabtu, 23 Oktober 2021 Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka bertujuan untuk mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2060, beberapa hari sebelum KTT iklim global COP26 digelar.

Arab Saudi, yang merupakan salah satu pencemar terbesar di dunia, mengatakan akan bergabung dengan upaya global untuk mengurangi emisi metana hingga 30 persen pada tahun 2030.

Target emisi nol karbon itu, disampaikan oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dalam sebuah pernyataan yang direkam di forum "Saudi Green Initiative".

Baca Juga: Dana Perwalian Rekonstruksi Afghanistan, PBB: Negara Ini Membutuhkan Bantuan Segera

"Saya mengumumkan hari ini target Arab Saudi untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 melalui pendekatan ekonomi karbon melingkar," kata Mohammed bin Salman, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Al Arabiya.

Mohammed bin Salman menuturkan, dirinya mengaku senang untuk meluncurkan inisiatif di sektor energi yang akan mengurangi emisi karbon sebesar 278 juta ton per tahun pada tahun 2030 tersebut.

"Sehingga secara sukarela lebih dari dua kali lipat dari target yang diumumkan, diperkirakan 130 juta ton per tahun," ujarnya.

Baca Juga: Gus Yaqut Bicara Sejarah: Kemenag Itu Hadiah untuk NU Bukan kepada Umat Islam

"Kami juga mengumumkan aksesi kerajaan ke Ikrar Metana Global," tambahnya.

Halaman:

Editor: Arman Muharam

Sumber: Al Arabiya


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X