Pasangan Suami Istri di AS Ditangkap Usai Menjual 51 'Paket' Arsip Rahasia Nuklir Negara

- 14 Oktober 2021, 06:27 WIB
Ilustrasi nuklir. Pasangan di AS ditangkap dan diseret ke pengadilan usai menjual arsip rahasia nuklir AS.
Ilustrasi nuklir. Pasangan di AS ditangkap dan diseret ke pengadilan usai menjual arsip rahasia nuklir AS. /Pixabay.com/OpenClipart-Vectors

PIKIRAN RAKYAT - Pasangan suami istri di Amerika Serikat (AS) ditangkap dan diseret ke pengadilan usai mencoba menjual arsip rahasia kapal selam seharga $ 5 juta atau setara dengan Rp71,1 miliar.

Jonathan Toebbe merupakan seorang insinyur nuklir AS ditangkap bersama sang istri Diana Toebee dan diseret ke pengadilan federal di West Virginia.

Pasangan tersebut didakwa dengan konspirasi untuk menyerahkan arsip rahasia berisi informasi soal kapal selam peluncur rudal jelajah bertenaga nuklir paling canggih milik angkatan laut kepada kekuatan asing yang tidak disebutkan namanya.

Baca Juga: Bocah yang Teriak Selama 6 Jam Saat Dukung Indonesia di Thomas Cup 2021 Dapat Penghargaan

Sebuah pengaduan pidana tidak mengatakan kepada negara mana mereka berusaha untuk menjual arsip rahasai nuklir tersebut, tetapi menunjukkan bahwa itu bisa menjadi sekutu AS.

Dikutip PikiranRakyat.com dari NDTV, negara telah memberi tahu Biro Investigasi Federal AS tentang pembukaan Toebbes Desember lalu, namun itu tidak memberikan motif apa pun bagi pasangan tersebut.

Jonathan Toebbe (42) adalah mantan perwira di angkatan laut dengan keahlian dalam propulsi nuklir kapal selam.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 14 Oktober 2021: Kondisi Mama Rosa Makin Drop, Al Akhirnya Temui Iqbal Sendirian

Setelah meninggalkan angkatan laut, ia bekerja sebagai kontraktor sipil yang ditugaskan di laboratorium penelitian di Pittsburgh, Pennsylvania yang merancang dan mengembangkan tenaga nuklir untuk angkatan laut.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X