Erdogan Tegaskan Turki Kerja Sama dengan Rusia dalam Bidang Ruang Angkasa hingga Kapal Perang

- 30 September 2021, 17:48 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan selama pertemuan di Sochi, Rusia 29 September 2021.
Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan selama pertemuan di Sochi, Rusia 29 September 2021. / Sputnik/Vladimir Smirnov/Pool via Reuters


PIKIRAN RAKYAT - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintahnya telah memutuskan bekerja dengan Rusia untuk bersama-sama memproduksi mesin jet, kapal perang dan kapal selam.

Hal itu disampaikan Erdogan selama pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Erdogan juga menegaskan pemerintahnya membahas masalah pertahanan dan militer dengan Putin.

"Misalnya, kami membahas langkah-langkah untuk membangun reaktor nuklir kedua dan ketiga,” kata Erdogan, merujuk pada reaktor nuklir Akkuyu, yang telah dibangun Rusia di Turki selatan, dikutip dari Middle East Eye, Kamis, 30 September 2021.

Baca Juga: Perang Dingin Dimulai? Kate Middleton Diduga Terang-terangan Permalukan Meghan Markle Lewat Gaun

Dia juga menegaskan kembali bahwa Turki tidak akan mengubah rencananya untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia putaran kedua, meskipun ada ancaman sanksi dari Amerika Serikat .

“Kami bahkan secara komprehensif berbicara tentang langkah-langkah yang dapat kami ambil untuk [membangun] mesin jet,” kata Erdogan.

“Topik lain, kita bisa mengambil langkah bersama dalam pembangunan kapal [perang]. Kami akan, insya Allah, bahkan mengambil langkah bersama di kapal selam," ujarnya.

Kerja sama Turki-Rusia dalam bidang ruang angkasa

Erdogan juga mengatakan dia dan Putin telah berbicara tentang kerja sama di bidang eksplorasi ruang angkasa.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Middle East Eye


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X