Adik Kim Jong-un Sebut Korea Utara Terbuka Berdialog dengan Korsel, Perang Korea Berakhir?

- 24 September 2021, 19:38 WIB
Kim Yo Jong, adik pemimpin Korea Utara.
Kim Yo Jong, adik pemimpin Korea Utara. /Jorge Silva/Pool/Reuters


PIKIRAN RAKYAT - Kim Yo-Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara menyebut prospek deklarasi akhir perang di Semenanjung Korea sebagai 'ide yang menarik dan mengagumkan'.

Dia juga mengisyaratkan bahwa Pyongyang bersedia memulai kembali dialog jika Seoul membatalkan kebijakan dan retorika "bermusuhan".

Pernyataan Kim Yo-Jong muncul untuk menanggapi seruan Presiden Korea Selatan, Moon Jae- in agar mengakhiri Perang Korea secara resmi dalam pidatonya pekan ini di Majelis Umum PBB.

Korut dan Korsel secara teknis masih berperang karena pertempuran yang dimulai pada tahun 1950 berakhir setelah tiga tahun dengan gencatan senjata dan bukan perjanjian damai.

Baca Juga: China Umumkan Larangan Penuh Aktivitas Mata Uang Kripto, Berikut Alasannya

"Kami memiliki kesediaan untuk menjaga kontak dekat kami dengan Selatan lagi dan melakukan diskusi konstruktif dengannya tentang pemulihan dan pengembangan hubungan bilateral jika hati-hati dengan bahasanya di masa depan dan tidak memusuhi kami," kata Kim Yo Jong, menurut KCNA, dikutip dari UPI, Jumat, 24 September 2021.

Adik Kim Jong-un juga menambahkan Pyongyang hanya akan mempertimbangkan untuk menyatakan berakhirnya perang jika Seoul mengakhiri "kebijakan permusuhan yang sudah lazim" dan menjatuhkan "standar ganda yang tidak setara" terhadap Korea Utara mengenai tes senjata.

"Jika tidak, deklarasi tidak akan menahan air dan tidak akan mengubah apa pun," ujar Kim Yo-Jong yang kini menjadi penasihat kuat rezim Korut.

Baca Juga: Korea Utara Tolak Desakan Korsel Setop Perang Korea: Terlalu Prematur

Komentarnya muncul beberapa jam setelah pejabat Korea Utara lainnya, Wakil Menteri Luar Negeri Ri Thae-song, jauh lebih meremehkan tawaran Moon. Dia menyebut tawaran Korsel terlalu "prematur" untuk mengakhiri Perang Korea.***

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: UPI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X