Peneliti Ungkap Waktu Kemunculan Covid-19 di AS, Beberapa Bulan Sebelum Kasus Pertama di Wuhan?

- 24 September 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi bendera Amerika Serikat.
Ilustrasi bendera Amerika Serikat. /Pixabay/DWilliam

PIKIRAN RAKYAT – Menurut analisis database pracetak dari Chinese Academy of Sciences (CAS), Virus Corona diprediksi telah menyebar secara diam-diam di AS pada September 2019.

Menggunakan model matematika dan kecerdasan buatan, ChinaXiv, platform pracetak yang dikembangkan oleh CAS, melakukan analisis kuantitatif dan kualitatif penyakit menular.

Dengan memilih 12 wilayah perwakilan di AS untuk dianalisis, tanggal infeksi pertama sebagian besar antara Agustus dan Oktober 2019 yang lebih awal dari tanggal resmi kasus pertama yang dikonfirmasi di AS pada 20 Januari 2020.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 di AS diduga mulai menyebar pada September 2019 dengan probabilitas di atas 50 persen.

Baca Juga: Studi: Covid-19 Ternyata Sudah Ditemukan di 5 Negara Berikut Sebelum Muncul di Wuhan

Penelitian terhadap lebih dari 24000 sampel yang diambil untuk program penelitian National Institutes of Health (NIH) di AS yang dilakukan antara 2 Januari dan 18 Maret 2020 menunjukkan bahwa pada bulan Juni ditemukan tujuh orang yang berasal dari lima negara bagian diduga telah terinfeksi sebelum kasus pertama dikonfirmasi yang dilaporkan pada 21 Januari 2020.

Lima negara bagian tersebut adalah Illinois, Massachusetts, Mississippi, Pennsylvania, dan Wisconsin.

Selain itu, studi ChinaXiv menunjukkan bahwa kasus terkonfirmasi yang ada juga digunakan di Kota Wuhan dan Provinsi Zhejiang, China untuk menyimpulkan waktu munculnya Covid-19.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 25 September 2021: Aries, Taurus, Gemini, Bukan Waktu yang Tepat untuk Tanam Modal

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebaran Covid-19 di China kemungkinan dimulai pada akhir Desember 2019.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X