Studi: Covid-19 Ternyata Sudah Ditemukan di 5 Negara Berikut Sebelum Muncul di Wuhan

- 24 September 2021, 18:59 WIB
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu pada Minggu, 19 September 2021, kasus aktif kembali bertambah 2.
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu pada Minggu, 19 September 2021, kasus aktif kembali bertambah 2. /Pixabay/Geralt

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah studi di China menunjukkan bahwa penyebaran Covid-19 sudah ditemukan di 5 negara sebelum muncul di Wuhan pada Desember 2019.

Kelima negara itu adalah Amerika Serikat (AS), Spanyol, Prancis, Italia, dan Brasil.

Studi itu dilakukan oleh ChinaXiv, sebuah penerbitan yang beroperasi di bawah National Science Library, Chinese Academy of Sciences.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari The Strait Times pada 24 September 2021, para peneliti di ChinaXiv membuat model yang dioptimalkan menggunakan model transmisi epidemi dan metode analisis data.

Baca Juga: Edo Kondologit Bongkar Semua Soal Papua: Ada Lingkaran di Samping Jokowi yang...

Kemudian, berdasarkan data yang dipublikasikan, diuji antara tanggal kasus infeksi pertama di 12 negara bagian AS bagian timur laut dan di Kota Wuhan dan Provinsi Zhejiang, China.

Hasilnya, dengan probabilitas 50 persen, terjadi infeksi pertama di 12 negara bagian AS terjadi pada Agustus dan Oktober 2019.

Adapun infeksi paling awal terdeteksi pada  26 April 2019 di Rhode Island, dan yang terakhir pada 30 November 2019 di Delware.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Ajak Fadli Zon Patungan Usai Lihat Video Siswa SD di Sungai Deras, Terungkap Lokasinya

Sebelumnya, penelitian soal asal-usul Covid-19 telah semakin memanaskan hubungan antara AS dan China.

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu

Sumber: The Strait Times


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X