Prancis dan Australia Memanas, Imbas Kapal Selam Nuklir Dua Presiden Enggan Bertatap Muka

- 21 September 2021, 19:45 WIB
Memanas Australia dan Prancis.
Memanas Australia dan Prancis. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Prancis meradang usai Presiden Australia memilih bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Inggris.

Emmanuel Macron enggak bertemu dengan Presiden Autralia, Scott Morrison dalam waktu dekat untuk membahas masalah AUKUS.

Presiden Prancis Emmanuel Macron merasa telah dilecehkan di aliansi Trilateral, setelah itu Scott Morrison mengaku tak ingin berbicara dengan rekannya itu meskipun Joe Biden yang mengajaknya.

Saat Prancis marah karena kehilangan kontrak kapal selam senilai 90 miliar dolar (Rp1.278 triliun), Scott Morrison dengan santai mengadakan makan malam dengan Boris Johnson di kedutaan Australia.

Baca Juga: Laporan Intel: Australia Punya Bukti Kejamnya Militer Indonesia Bantai Demonstran di Papua Barat

Berbicara saat tiba di New York, AS untuk sidang umum PBB, Scott Morrison bersikeras kapal selam yang ditawarkan Prancis tak lagi sesuai dengan kebutuhan strategis Australia.

Dia juga mengakui akan naif untuk tidak berpikir pejabat Prancis akan marah atas penghentian kesepakatan.

“Kami telah menjelaskan dengan sangat jelas, saya telah membuatnya sangat jelas, bahwa kapal selam konvensional tidak akan lagi memenuhi kepentingan strategis kami dan apa yang kami butuhkan untuk dilakukan oleh kapal-kapal itu," ujar Scott Morrison.

Ia menuturkan telah membicarakan secara jelas dengan pihak Prancis beberapa bulan lalu sebelum kesepakatannya dengan AS dan Inggris.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X