Australia Ingin Bangun 8 Kapal Selam Nuklir, Indonesia Makin Prihatin Atas Perlombaan Senjata

- 17 September 2021, 15:15 WIB
Ilustrasi kapal selam. Indonesia makin prihatin dengan keputusan Australia yang baru saja mengumumkan akan membangun kapal selam nuklir.
Ilustrasi kapal selam. Indonesia makin prihatin dengan keputusan Australia yang baru saja mengumumkan akan membangun kapal selam nuklir. /Pixabay/Riedelmeier

PIKIRAN RAKYAT - Australia sukses mengejutkan dunia usai mengumumkan akan membangun delapan kapal selam bertenaga nuklir di wilayah kemitraan keamanan Indo-Pasifik.

Nantinya pembangunan kapal selam nuklir Australia itu akan mendapat bantuan dari Amerika Serikat dan Inggris.

Dengan adanya pembangunan tersebut, Australia akan menjadi negara kedua setelah Inggris yang diberi akses ke teknologi nuklir AS.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut upaya pembangunan kapal selam bertenaga nuklir tersebut merupakan upaya Australia untuk membantu memberikan keamanan dan stabilitas di wilayah mereka.

Baca Juga: Heboh Fotonya Dijuluki 'Pemersatu Bangsa', Tessa Kaunang: Itu Sampai Diblur Lho

"Dunia kita menjadi lebih kompleks, terutama di sini di kawasan kita, Indo-Pasifik, kami sekarang harus membawa kemitraan kami ke tingkat yang baru," ujar Morrison, dikutip dari Antara.

Pengumuman tersebut sekaligus menekankan bahwa para pemimpin AS, Australia, dan Inggris ingin melawan kekuatan dan pengaruh China yang semakin besar di kawasan tersebut.

Sementara itu, Indonesia juga menentukan sikap atas pengumuman Australia tersebut.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) mengungkapkan bahwa Indonesia masih mencermati dengan hati-hati keputusan Australia itu.

Halaman:

Editor: Nopsi Marga


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X