Simpang Siur Informasi Peringatan Ancaman Teror dari Kedubes Jepang, Kemenlu Buka Suara

- 15 September 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi ancaman teror.
Ilustrasi ancaman teror. /Pixabay/geralt

PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini mencuat rumor yang menyatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Jepang menyebut adanya potensi ancaman terorisme di enam negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Namun, terkait hal itu Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar di Jakarta tidak mengeluarkan peringatan ancaman teror pada warganya yang ada di Indonesia.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah, dalam keterangan resminya pada Rabu, 15 September 2021.

"Informasi yang beredar ini sudah sempat dikonfirmasi ke pihak Kedubes Jepang di Jakarta. Mereka menegaskan pihak kedubes tidak mengeluarkan peringatan tersebut," ujar Teuku Faizasyah.

Baca Juga: Baru Bahagia Pindah ke AS, Maia Estianty Umumkan Idap Penyakit Langka yang Tak Bisa Sembuh

Meski kabar tersebut telah dibantah Kementerian Luar Negeri, Faizasyah mengatakan, pemerintah tidak akan mengomentari jika pemerintah Jepang benar-benar mengeluarkan peringatan itu.

"Indonesia tidak lazim mengomentari travel advisory ataupun warning yang dikeluarkan suatu negara. Sama halnya negara-negara sahabat pun lazimnya tidak mengomentari travel advisory/warning yang Indonesia keluarkan untuk WNI kita di luar negeri," tutur Teuku Faizasyah.

Dalam hal ini, Faizasyah berharap sebagai dua negara bersahabat, instansi di Jepang dapat memanfaatkan berbagai mekanisme bilateral yang ada untuk berkomunikasi dengan mitranya di Indonesia.

Terlebih untuk isu-isu spesifik tertentu dengan perkembangan situasi terakhir, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X