Militer Korsel: Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Balistik di Pantai Timur Semenanjung Korea

- 15 September 2021, 13:18 WIB
Foto-foto yang diklaim sebagai uji coba rudal jelajah jarak jauh di Korea Utara pada 11-12 September 2021
Foto-foto yang diklaim sebagai uji coba rudal jelajah jarak jauh di Korea Utara pada 11-12 September 2021 /KCNA via Reuters


PIKIRAN RAKYAT - Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korea Utara (Korut) telah menembakkan dua rudal balistik di lepas pantai timurnya pada Rabu, 15 September 2021.

Peluncuran rudal balistik itu terjadi dua hari setelah Korea Utara mengklaim telah menguji sebuah rudal baru dalam uji coba senjata pertamanya dalam enam bulan.

"Dua rudal balistik yang diluncurkan dari sebuah situs di Korea Utara tengah terbang menuju perairan pantai timur Semenanjung Korea pada Rabu sore," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Week.

Baca Juga: Pengamat Klaim Xi Jinping Terancam Dilengserkan, Kudeta Akan Terjadi di Daratan China

Otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang menganalisis rincian lebih lanjut tentang peluncuran rudal Korea Utara tersebut.

Disebutkan pula Korea Selatan telah meningkatkan postur pengawasan anti-Korea Utara.

Penjaga pantai Jepang mengkonfirmasi kedua rudal itu mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang di perairan antara Jepang dan Semenanjung Korea.

Tidak ada kapal atau pesawat yang melaporkan kerusakan, kata Penjaga Pantai Jepang.

Baca Juga: Kondisi Pesawat Rimbun Air, Ditemukan dalam Keadaan Hancur di Ketinggian 2.400 Meter

Dimulainya kembali aktivitas pengujian rudal Korea Utara kemungkinan merupakan upaya untuk menekan pemerintah AS atas pembekuan diplomatik setelah Kim Jong-un gagal memanfaatkan persenjataannya untuk keuntungan ekonomi selama masa pemerintahan Donald Trump.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: The Week, Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X