Kaya Uranium, Iran Diprediksi Bisa Bikin Bom Nuklir dalam Sebulan

- 14 September 2021, 13:28 WIB
Bendera Iran.
Bendera Iran. /Reuters/LISI NIESNER


PIKIRAN RAKYAT - Iran dilaporkan bisa membuat bom nuklir dalam waktu satu bulan karena memiliki uranium yang cukup. Hal ini terungkap dalam laporan dari Institute for Science and International Security yang dipublikasikan pada Senin, 13 September 2021.

Lembaga itu memperkirakan, dalam skenario terburuk hanya dalam waktu sebulan Iran dapat memproduksi uranium tingkat senjata yang cukup untuk satu senjata nuklir, seperti dikutip dari Jerusalem Post.

Dalam tiga bulan, Iran bisa menghasilkan uranium tingkat senjata yang cukup untuk senjata kedua dan dalam lima bulan untuk senjata nuklir ketiga.

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka, Berikut Kronologi Dokter Campurkan Sperma ke Makanan Istri Teman

Iran sudah memiliki 200 gram logam uranium yang diperkaya, yang merupakan elemen kunci untuk produksi senjata nuklir.

Ramalan lembaga think tank itu muncul dengan adanya kritik terhadap kesepakatan terbaru antara Badan Energi Atom InternasionalIAEA dengan Iran pada Minggu, 12 September 2021.

Sejak April 2021, Republik Islam Iran melonjakkan pengayaannya dari 5 persen dan 20 persen ke tingkat 60 persen, yang dianggap hanya turun satu tingkat dari tingkat persenjataan 90 persen.

Baca Juga: Letjen Dudung Ingatkan Prajurit TNI: Semua Agama Itu Benar di Mata Tuhan

Pada tingkat yang lebih rendah, Iran sebenarnya memiliki jumlah yang cukup untuk beberapa bom nuklir selama beberapa bulan.***

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Jerussalem Post


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X