Bank China Nyatakan Sikap Soal Diminta Hentikan Pendanaan Pembangkit Batu Bara

- 14 September 2021, 13:30 WIB
Logo Bank of China di Beijing, China
Logo Bank of China di Beijing, China /Reuters/Tingshu Wang

PIKIRAN RAKYAT – Direktur Eksekutif Market Forces Julien Vincent mengatakan bahwa lusinan pembangkit listrik tenaga batu bara di seluruh dunia tidak akan berjalan tanpa dukungan bank. Market Forces merupakan organisasi Australia yang berkampanye menentang pembiayaan bahan bakar fosil.

Pasalnya, Bank of China (BoC) sebagai investor global terbesar pada sektor pembangkit listrik tenaga batu bara harus mengakhiri pembiayaan terhadap seluruh proyek di luar daratan.

Sebagai gantinya, aliansi 35 selaku organisasi non-pemerintah mengatakan bahwa Bank of China (BoC) mendukung energi bersih dan terbarukan.

"Narasi tentang batu bara dari para pemimpin bisnis dan keuangan China jelas berubah, tetapi yang benar-benar penting adalah tindakan," kata Julien Vincent.

Baca Juga: Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Daihatsu Melejit 36,2 Persen hingga Agustus 2021

Lembaga keuangan China secara bertahap telah beralih dari batu bara. Industrial and Commercial Bank of China (bank terbesar di dunia berdasarkan aset) telah berjanji menyusun strategi untuk menarik diri dari batu bara.

Dalam rekomendasi yang diterbitkan pekan lalu, badan penasihat pemerintah meminta China untuk membatasi dan secara bertahap menghentikan penggunaan dana publik dalam investasi pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri, dan mendorong bank-bank pemerintah membuat komitmen serupa.

Pernyataan yang dimuat dalam surat terbuka kepada ketua Dewan Komisaris yang dikendalikan negara Liu Liange dan ditandatangani oleh kelompok-kelompok dari 13 negara di Asia, Afrika dan Eropa menambah kecaman yang berkembang terhadap China karena mendanai pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri, terutama sebagai bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan.

Baca Juga: Letjen Dudung Ingatkan Prajurit TNI: Semua Agama Itu Benar di Mata Tuhan

China mengatakan bahwa pihaknya akan menghormati hak masyarakat lokal untuk memutuskan jenis energi apa yang mereka butuhkan melalui surat yang ditandatangani oleh organisasi dari beberapa negara Sabuk dan Jalan yang menunjukkan penentangan terhadap penggunaan batu bara bahkan di negara-negara berkembang.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X