6 Teknologi Ini Ubah Masa Depan Makanan

- 6 Juli 2016, 13:20 WIB

PRODUKSI, pengolahan, dan proses distribusi pangan menyumbang sebagian besar emisi gas rumah kaca.

Banyak juga bahan makanan yang terbuang setiap tahun di beberapa negara sementara di negara lainnya masih banyak yang kekurangan makanan.

Untuk menuntaskan masalah itu, para insinyur pertanian dan ilmuwan melakukan penelitian untuk meningkatkan produksi pangan, membuat proses pertanian bersih, dan mengembangkan kemasan ramah lingkungan. Kemajuan teknologi memungkinkan untuk secara signifikan mengurangi emisi karbon dari industri pertanian dan pangan sekaligus mengatasi masalah pasokan makanan.

Inilah 6 penemuan yang dapat mengubah masa depan makanan di dunia

 

1. Pertanian vertikal

Perubahan iklim yang menyebabkan kekeringan dan banjir di berbagai wilayah membuat pertanian semakin lesu. Alternatif yang paling menarik adalah munculnya pertanian dalam ruangan yang membawa ruang-ruang hidroponik ke pusat-pusat perkotaan dan menghasilkan produk makanan lebih banyak. Hal itu mengurangi biaya dan dampak lingkungan yang diakibatkan proses distribusi.

Hasilnya adalah peningkatan hasil panen hingga 50 persen. Hasil yang mengejutkan untuk daerah pertanian yang sedang berjuang memenuhi permintaan makanan dengan areal terbatas. Meskipun terobosan itu belum diuji di luar laboratorium, para ilmuwan sudah mencari cara memanfaatkan mutasi genetik yang sama pada tanaman pokok lainnya seperti gandum dan beras. (Riko Pratama)***

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X