Heboh, Taliban Temukan Uang Berkoper-koper dan Emas Batangan di Rumah Mantan Wapres Afghanistan

- 14 September 2021, 06:58 WIB
Ilustrasi emas batangan
Ilustrasi emas batangan /Pixabay/istara


PIKIRAN RAKYAT
- Taliban dilaporkan menemukan uang tunai di dalam koper sekitar 6 juta dolar AS dan juga sedikitnya 15 emas batangan. Kabar ini tentu menghebohkan warga Afghanistan.

Harta itu ditemukan di rumah mantan Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh, yang telah menyatakan dirinya sebagai presiden Afghanistan.

Kantor berita Afghanistan Khaama Press membagikan video yang diedarkan sebelumnya di media sosial. Dalam video itu menunjukkan militer Taliban mendemonstrasikan aset yang ditemukan di kediaman Amrullah Saleh, seperti dikutip dari Sputnik News, Selasa, 14 September 2021.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 14 September 2021: Firasat Buruk Andin Terbukti, Al Ditemukan Tak Berdaya

Baik Saleh maupun anggota perlawanan anti-Taliban belum mengomentari klaim tersebut.

Amrullah Saleh mengklaim kekuasaan dan tugas presiden pada 17 Agustus 2021, tak lama setelah Taliban menguasai Kabul, yang memaksa Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dan pemerintah yang didukung Barat dibubarkan.

Saleh telah menjabat sebagai wakil presiden Afghanistan sejak Februari 2020. Ia juga pernah menjadi menteri dalam negeri pada 2018-2019 dan menjabat sebagai kepala Direktorat Keamanan Nasional pada 2004-2010.

Baca Juga: Hubungan Krisdayanti dan Aurel Kian Dekat Usai Sempat Diterpa Perang Dingin, Ahli Tarot Terawang Penyebabnya

Pada 10 September, sebuah sumber yang dekat dengan pasukan perlawanan mengatakan bahwa Taliban mengambil tawanan dan kemudian membunuh Rohullah Saleh, saudara laki-laki dari Amrullah Saleh.

Pasukan perlawanan sudah bersedia mundur ke perang gerilya, sementara pemimpin mereka, Ahmad Massoud, meminta warga Afghanistan untuk memberontak melawan Taliban.***

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Sputnik News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X