Tuduh Amerika Serikat dan Korsel Jalankan Kebijakan Permusuhan, Korea Utara Uji Coba Rudal Jelajah Jarak Jauh

- 13 September 2021, 08:35 WIB
Ilustrasi - Korea Utara.
Ilustrasi - Korea Utara. /Reuters/Edgar Su

PIKIRAN RAKYAT – Berbeda dengan Korea Selatan (Korsel) yang masih berada pada tahap akhir pengembangan rudal balistik, Korea Utara (Korut) telah melakukan uji coba  rudal jelajah jarak jauh.

Untuk menghadapi Korut, Korsel mengembangkan rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak seberat 3 ton. Kabar tersebut muncul ketika negara itu mengungkap proposal anggaran sebagai upaya memperkuat sistem pertahanan.

Dalam cetak biru pertahanan 2022 – 2026, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan rudal baru berkekuatan penghancur yang meningkat secara signifikan, sistem pertahanan rudal yang diperkuat, dan senjata penangkis baru untuk melawan artileri jarak jauh.

"Kami akan mengembangkan rudal yang lebih kuat, lebih presisi dengan jangkauan lebih jauh untuk melakukan pencegahan, serta menciptakan keamanan dan perdamaian di Semenanjung Korea," katanya.

Baca Juga: Sudah Persembahkan Lagu Khusus untuk Tissa Biani, Dul Jaelani Blak-blakan Soal Sikap Keluarga: Kayaknya...

Di antara rudal-rudal tersebut, terdapat senjata baru dengan jangkauan terbang mencapai 350 hingga 400 kilometer dan muatan hingga 3 ton.

Dikabarkan bahwa senjata tersebut dirancang untuk menghancurkan fasilitas bawah tanah seperti yang dimiliki Korea Utara dan dipercaya digunakan untuk menyimpan senjata nuklir.

Selain itu, rudal akan menjadi yang terbaru dalam perlombaan rudal konvensional di antara kedua Korea yang pembuatannya dipercepat setelah Korsel dan Amerika Serikat sepakat membatalkan seluruh pembatasan bilateral pada pengembangan rudal Seoul.

Baca Juga: Ikatan Cinta 13 September 2021: Mendadak Buat Surat Warisan, Al Punya Firasat Akan Meninggal?

Pada 2020, Korsel mengumumkan rudal balistik jarak pendek (SRBM) baru yang bernama Hyunmoo-4 yang diklaim sebagai rudal terbesar milik negara itu.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X