Italia Kaget Vaksinasi Indonesia 69 Juta Orang: Punya Pabrik Vaksin Apa?

- 9 September 2021, 20:26 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Sejak memiliki ketersediaan vaksin Covid-19, pemerintah terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang gratis untuk seluruh masyarakat.

Terkait pencapaian program vaksinasi ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bahkan mengungkapkan, pendapat dari sejumlah tokoh kesehatan dunia yang hadir pada pertemuan G20 Health Ministers Meeting di Roma, Italia, 5-6 September 2021.

Menkes Budi menyebut, mereka memuji kinerja Indonesia dalam menanggulangi pandemi Covid-19, salah satunya terkait vaksinasi Covid-19.

“Kami sampaikan bahwa Indonesia sekarang nyuntiknya sudah 108 juta suntikan ke 69 juta orang. Jadi yang pertama kali kaget adalah Menteri Kesehatan Italia karena dia penduduknya 57 juta,” kata Budi Gunadi Sadikin, saat hadir secara virtual dalam Webinar Peran Kesehatan Respirasi Selama 76 Tahun Indonesia Merdeka, yang diikuti dari YouTube RS Persahabatan di Jakarta, Kamis, 9 September 2021.

Baca Juga: Ketua KPI Sebut Kartun Upin dan Ipin Propaganda Pemerintah Malaysia

Lebih lanjut, Menkes Budi mengatakan pertemuan internasional itu dihadiri sejumlah tokoh pada sektor kesehatan di antaranya Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, perwakilan United Nations Children's Fund/UNICEF, CEO Global Found serta sejumlah menteri kesehatan dari perwakilan berbagai negara.

Kemudian, dalam forum tersebut Menkes Budi mengatakan bahwa Indonesia telah menyusul pencapaian Jerman dalam jumlah penduduk yang telah disuntik vaksin Covid-19.

“Sehingga mereka bilang, Indonesia punya pabrik vaksin apa?, nggak, kita tidak punya pabrik, tapi kita lobi semua produsen untuk dapat sebanyak-banyaknya vaksin,” kata Budi.

Terkait hal itu, Menkes Budi menyampaikan rasa terima kasih kepada sejumlah menteri kesehatan yang hadir mewakili beberapa negara di Eropa dan Amerika atas donasi vaksin mereka ke Indonesia yang berjumlah total 40 juta dosis lebih.

Baca Juga: Ari Lasso Idap Kanker Langka hingga Kepikiran Soal Ajal, Kenali Gejala DLBCL yang Kini Diderita sang Penyanyi

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X