Kim Jong Un Sangat Marah, Kematian Massal Kejutkan Korea Utara dan Rumah Sakit Kacau

- 8 September 2021, 13:30 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan sangat marah dengan kabar kematian massal diduga terkait Covid-19.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan sangat marah dengan kabar kematian massal diduga terkait Covid-19. /KCNA via Reuters

PIKIRAN RAKYAT - Otoritas militer Korea Utara terkejut setelah kematian massal terjadi di rumah sakit untuk tentara yang diduga menderita Covid-19. Berita kematian itu sampai ke meja pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang dilaporkan sangat marah. 

Kabar kematian massal tersebut diyakini sebagai alasan Korea Utara semakin memperketat upaya penanganan pandemi Covid-19 di negara tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

Sebuah sumber militer di Provinsi Gangwon mengatakan 45 tentara tewas pada bulan Juli dan Agustus di bangsal sementara untuk "penyakit menular" yang dioperasikan oleh markas Korps Kedua. 

"Bangsal ditutup dan pasien dipindahkan ke fasilitas darurat lain setelah total dilaporkan ke Biro Kesehatan Angkatan Darat dengan judul 'Statistik Kematian Periode Pelatihan Operasi dan Politik Tempur 2020-2021,'" katanya.

Baca Juga: Hyundai Klaim Staria Disambut Baik di Indonesia, Terjual 70 Unit dalam Dua Minggu

Sumber militer di Nampo juga mengatakan Biro Kesehatan Angkatan Darat menerima statistik kematian di bangsal Covid-19 Korps Kedua selama periode pelatihan musim panas dan musim dingin. 

"Rumah sakit dalam keadaan kacau setelah kasus itu," katanya dilaporkan Daily NK. 

Masalahnya tidak berhenti di situ. Otoritas militer dikabarkan berada dalam keadaan syok karena statistik umum mengungkapkan lebih banyak kematian daripada yang diperkirakan di seluruh militer.

Baca Juga: Jawa Tengah Kembali Menyandang Status Provinsi dengan Kenaikan Tertinggi Kasus Harian Covid-19

Korps garis depan seperti Korps Pertama dan Kedua memiliki jumlah kematian tertinggi, diikuti oleh korps yang ditempatkan di sepanjang perbatasan dan markas komando Tiongkok-Korea Utara

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Sumber: Daily NK


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X