Malaysia Heran Kasus Covid-19 Indonesia Turun Lebih Cepat, Padahal Populasi Besar

- 4 September 2021, 17:56 WIB
Ilustrasi bendera Malaysia//
Ilustrasi bendera Malaysia// /Pixabay/terimakasih0


PIKIRAN RAKYAT - Memasuki bulan September 2021, kasus Covid-19 Indonesia telah mengalami penurunan dibanding Juli-Agustus 2021 lalu. Saat ini jumlah harian corona Indonesia berada di rentang 5.000 sampai 8.000 kasus.

Angka penurunan ini membuat anggota parlemen Malaysia merasa terheran-heran dengan Indonesia yang justru memiliki populasi yang besar.

Lim Kit Siang, anggota Parlemen yang juga pemimpin Partai Aksi Demokratik (DAP) mengulangi peringatan sebelumnya kepada Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin bahwa vaksinasi saja tidak akan membantu menyelesaikan masalah Covid-19 di Negeri Jiran.

Baca Juga: 5 Fakta Bupati Banjarnegara, Tersangka Maling Uang Rakyat hingga Menantang KPK

Dia membandingkan keberhasilan Indonesia dalam mengurangi jumlah kasus hariannya, dengan mengatakan negara tetangga, meskipun populasinya lebih besar, telah berhasil mengurangi tingkat infeksinya jauh lebih cepat daripada Malaysia.

Malaysia sebagai ekonomi terbesar ketiga di Asia Tenggara telah mencatat tingkat rata-rata lebih dari 20.000 kasus selama lebih dari empat minggu sekarang.

"Bisakah Menteri Kesehatan yang baru, Khairy Jamaluddin, menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah mengurangi kasus baru Covid-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia bahkan kurang dari setengah seperti kemarin 8.955 kasus menjadi 20.988 kasus Malaysia?” kata Lim Kit Siang, dikutip dari Malay Mail, Sabtu, 4 September 2021.

“Ini bukan mencari-cari kesalahan tetapi mencari cara untuk meningkatkan penanganan kita terhadap pandemi Covid-19 sehingga memenangkan perang melawannya,” ujarnya.

Baca Juga: Bukan Arya Saloka, Amanda Manopo Kedapatan Peluk Mesra Pria Spesial di Hidupnya: Jangan Tinggalin

Menurut Lim, Malaysia saat ini adalah salah satu negara dengan kinerja terburuk di dunia dalam hal respons Covid-19 tahun 2021 ini.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Malay Mail


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X