Batas Akhir Evakuasi AS Makin Dekat, Taliban Siap Ambil Alih Bandara Kabul Afghanistan

- 29 Agustus 2021, 17:08 WIB
Marinir AS mengecek keamanan seorang wanita di Bandara Kabul, Afghanistan
Marinir AS mengecek keamanan seorang wanita di Bandara Kabul, Afghanistan /U.S. Marine Corps via Reuters


PIKIRAN RAKYAT - Batas akhir evakuasi Amerika Serikat dari Afghanistan semakin dekat, tepatnya pada 31 Agustus 2021. Namun, diperkirakan lebih dari 1.000 warga sipil harus diterbangkan dari Bandara Kabul.

Penguasa baru Afghanistan, Taliban mengatakan siap ambil alih Bandara Kabul. Pejabat Taliban mengatakan kelompok Islamis memiliki insinyur dan teknisi yang siap untuk mengambil alih bandara.

"Kami menunggu persetujuan terakhir dari Amerika untuk mengamankan kendali penuh atas bandara Kabul karena kedua belah pihak bertujuan untuk penyerahan cepat," kata pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya, dikutip dari Reuters, Minggu, 29 Agustus 2021.

Baca Juga: Pasukan Khusus AS Dikirim ke Afghanistan untuk Lawan Taliban, Sinopsis Film 12 Strong

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan dia akan menepati tenggat waktunya untuk menarik semua pasukan AS dari Afghanistan.

"Kami ingin memastikan bahwa setiap warga sipil asing dan mereka yang berisiko dievakuasi hari ini. Pasukan akan mulai terbang setelah proses ini selesai," kata pejabat AS yang ditempatkan di bandara Kabul

Di bawah kesepakatan dengan Amerika Serikat, Taliban mengatakan akan mengizinkan orang asing dan warga Afghanistan yang ingin pergi untuk terbang keluar.

Baca Juga: Pesta hingga Panggung Meriah Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Jokowi, Mahfud MD dan Luhut 'Dicolek' Netizen

Dalam 2 pekan terakhir, Amerika Serikat dan sekutunya telah membawa sekitar 113.500 orang keluar dari Afghanistan, tetapi puluhan ribu orang yang ingin pergi akan tertinggal.

Seorang pejabat AS mengatakan ada kurang dari 4.000 tentara yang tersisa di bandara, turun dari 5.800 pada puncak misi evakuasi.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X