Ada Ancaman ISIS, AS Percepat Evakuasi Warga Afghanistan Hingga Akhir Agustus 2021

- 25 Agustus 2021, 11:22 WIB
Warga membawa bendera nasional pada protes yang diadakan selama Hari Kemerdekaan Afghanistan di Kabul, Afghanistan 19 Agustus 2021.
Warga membawa bendera nasional pada protes yang diadakan selama Hari Kemerdekaan Afghanistan di Kabul, Afghanistan 19 Agustus 2021. /Reuters/Stringer

PIKIRAN RAKYAT - Setelah pertemuan G7 dengan sekutu internasional utama Washington, Gedung Putih tetap tidak berkomitmen untuk memperpanjang batas waktu penarikan dari Afghanistan.

Dalam hal ini, Presiden Joe Biden juga akan menyampaikan bahwa pasukan Amerika akan meninggalkan Kabul pada 31 Agustus.

Meski sempat tertunda, tetapi Gedung Putih merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa evakuasi warga Amerika, warga negara ketiga dan sekutu Afghanistan selesai pada akhir bulan.

Namun, pernyataan sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki membuka kemungkinan untuk memperpanjang tenggat waktu penarikan. Dia mengatakan operasi akan berakhir berdasarkan pencapaian tujuan pihaknya.

Baca Juga: 'Perang' Mural Rakyat vs Aparat Berlanjut: Urus Saja Moralmu, Jangan Urus Muralku!

Psaki mengatakan, Biden menyampaikan kepada sesama pemimpin G7 bahwa pasukan AS menghadapi ancaman yang meningkat setiap hari dari ISIS, dan cabang ISIL dari Afghanistan.

“Selain itu, presiden telah meminta Pentagon dan Departemen Luar Negeri untuk rencana darurat untuk menyesuaikan timeline jika diperlukan,” katanya.

Psaki kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa, koordinasi dengan Taliban, ancaman dari ISIS-K dan rencana darurat yang diminta Biden adalah ‘peringatan utama’ dalam keputusan tentang batas waktu penarikan.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Vaksin, Sandiaga Uno Dapat Cerita Tak Terduga dari Lansia

Biden mengulangi pesan Psaki ketika dia akhirnya berbicara di kemudian hari. Dia mengatakan AS bertekad untuk menyelesaikan misi evakuasi, yang dia prediksi akan selesai pada 31 Agustus.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X