Diplomat Top Inggris Desak Rusia dan China Berikan Pengaruh Moderat ke Taliban

- 22 Agustus 2021, 07:32 WIB
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab /Reuters/John Sibley


PIKIRAN RAKYAT -  Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mendesak Rusia dan China untuk memberikan 'pengaruh moderat' ke Taliban atas masalah Afghanistan.

"Kita harus membawa negara-negara dengan pengaruh yang berpotensi moderat seperti Rusia dan China, betapapun tidak nyamannya itu," kata Dominic Raab kepada surat kabar The Sunday Telegraph, dikutip dari Reuters, Minggu, 22 Agustus 2021.

Pekan lalu, Taliban merebut kekuasaan pemerintah Afghanistan yang didukung Amerika Serikat. Kondisi itu menyebabkan ribuan orang melarikan diri.

Baca Juga: Foto Mayangsari Cuma Pakai Celana Dalam Tersebar, Pamor Istri Pangeran Cendana Seketika Luntur

Pemerintah Inggris menyebutkan telah mengevakuasi 3.821 orang dari Kabul sejak 13 Agustus, termasuk 1.323 orang yang berhasil mencapai Inggris.

Secara terpisah, Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan "pengabaian" Afghanistan adalah "tragis, berbahaya, tidak perlu, bukan demi kepentingan mereka.

Tony Blair yang memerintahkan mengirim pasukan Inggris ke Afghanistan pada tahun 2001, mengatakan keputusan untuk mundur didorong "bukan oleh strategi besar tetapi oleh politik".

Baca Juga: Ketakutan sampai Minta Didampingi Atta, Aurel Hermansyah Nangis Lihat Kondisi Janin di Rahimnya

Dia menambahkan bahwa Inggris memiliki refleksi serius untuk dilakukan 'sedikit atau tanpa konsultasi' oleh Amerika Serikat dalam keputusan untuk menarik diri dari Afghanistan.

"Kami (Inggris) berisiko terdegradasi ke divisi kedua kekuatan global. Mungkin kami tidak keberatan. Tapi setidaknya kami harus mengambil keputusan dengan hati-hati," kata Tony Blair dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada Sabtu.***

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X