Mahasiswa Afghanistan Usai Negaranya Dijajah Taliban: Masa Depan Kami Buram

- 17 Agustus 2021, 19:19 WIB
Ilustrasi beberapa mahasiswa Afghanistan yang mempertanyakan masa depannya usai Taliban menguasai negaranya.
Ilustrasi beberapa mahasiswa Afghanistan yang mempertanyakan masa depannya usai Taliban menguasai negaranya. /PIXABAY/ArmyAmber

PIKIRAN RAKYATIndia menjadi salah satu negara yang dituju oleh massa Afghanistan yang ‘melarikan diri’ usai negaranya dikuasai Taliban.

Tidak hanya warga yang mendatangi India, mahasiswa Afghanistan yang akan menuntut ilmu di beberapa universitas di India pun memilik kekhawatiran atas apa yang terjadi di negaranya.

Untuk diketahui, India menjadi tempat belajar bagi ratusan mahasiswa Afghanistan di berbagai universitas di seluruh negeri.

Sekelompok mahasiswa Afghanistan yang tiba di New Delhi empat hari yang lalu, atau Jumat, 13 Agustus 2021, dalam perjalanan mereka ke sebuah universitas di negara bagian barat Rajkot City, Gujarat pun mengungkapkan kekhawatiran mereka.

Baca Juga: Negaranya Dirampas Taliban, Rakyat Afghanistan Salahkan Presiden: Kami Tidak Akan Memaafkannya

"Kami belum memiliki kartu SIM, dan karena itu kami belum bisa berbicara dengan keluarga kami di rumah," ujar Haseeb (21), dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Al Jazeera, Selasa, 17 Agustus 2021.

Sedangkan temannya, Ilyas mengatakan "Masa lalu, sekarang, dan masa depan kami tidak diketahui”.

Mahasiswa lainnya, yang meminta anonimitas, mendesak pemerintah India untuk mempertimbangkan permohonan visa bagi warga Afghanistan yang kuliah di berbagai universitas di India.

“Beberapa teman kami kembali ke Afghanistan kemarin ketika visa mereka berakhir setelah menyelesaikan gelar mereka. Mereka ingin tinggal di sini," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X