Serangan Balasan Bola Api, Jet Tempur Israel Bombardir Situs Hamas di Gaza

- 7 Agustus 2021, 13:59 WIB
Ilustrasi. Jet tempur Israel serang situs Hamas di Gaza pada Sabtu, 7 Agustus 2021
Ilustrasi. Jet tempur Israel serang situs Hamas di Gaza pada Sabtu, 7 Agustus 2021 /Reuters/Amir Cohen


PIKIRAN RAKYAT - Jet tempur Israel membombardir situs Hamas di Jalur Gaza pada Sabtu, 7 Agustus 2021. Serangan itu sebagai tanggapan atas balon api yang diluncurkan dari daerah kantong Palestina, kata militer Israel.

Tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan dari serangan yang menyasar situs peluncuran roket dan kompleks milik Hamas, kelompok politik yang berkuasa di Gaza, dikutip dari Reuters.

Sejak gencatan senjata Hamas-Israel pada 21 Mei 2021 lalu, warga Palestina di Gaza secara sporadis meluncurkan balon berisi bahan pembakar melintasi perbatasan. Balon pembakar itu menyebabkan kebakaran yang telah membakar ladang di Israel.

Baca Juga: Resmi Pacari Glenca Chysara, Rendi Jhon Ternyata Bukan Keturunan Orang Biasa

Palestina mengatakan balon-balon itu bertujuan untuk menekan Israel agar melonggarkan pembatasan di daerah kantong pantai yang diperketat selama pertempuran selama 11 hari pada bulan Mei lalu.

Peluncuran balon pembakar sebagian besar surut setelah Israel melonggarkan beberapa pembatasan di Gaza.

Namun, pada Jumat, 6 Agustus, balon api kembali diluncurkan dari Gaza yang menyebabkan empat wilayah kebakaran di dekat perbatasan Israel-Gaza.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Kantongi Dukungan Maju Jadi Presiden, Relawan Bakal Gelar Deklarasi Saat Kemerdekaan

Militer Israel mengatakan serangan udaranya sebagai "tanggapan terhadap peluncuran terus menerus balon pembakar dari Gaza ke Israel sepanjang hari".

Kebakaran di sepanjang perbatasan Gaza terjadi ketika Israel secara terpisah saling tembak di perbatasan utaranya dengan Hizbullah, kelompok didukung Iran di Lebanon.***

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X