India Blak-blakan, Fakta di Balik Sungai Gangga 'Berhiaskan' Jenazah Akhirnya Terpecahkan

- 17 Mei 2021, 09:16 WIB
Ilustrasi jenazah yang hendak dihanyutkan di Sungai Gangga.
Ilustrasi jenazah yang hendak dihanyutkan di Sungai Gangga. /Reuters/Danish Siddiqui

PIKIRAN RAKYAT - Seorang pejabat senior Uttar Pradesh, Manoj Kumar Singh angkat bicara terkait fenomena puluhan jenazah mengambang di Sungai Gangga yang menghebohkan dunia beberapa waktu lalu.

Mayat-mayat itu sebelumnya ditemukan di aliran Sungai Gangga yang melintasi Kota Ghazipur, negara bagian Uttar Pradesh dengan kndisi yang hampir membusuk dan mengeluarkan bau yang menyengat.

Sebagai pejabat setempat, Manoj Kumar Singh menjelaskan alasan mengapa jenazah ini justru dibuang ke Sungai Gangga alih-alih dikremasi atau ditangani sesuai dengan prosedur yang tepat.

"Pemerintah (India) memiliki informasi bahwa jenazah mereka yang meninggal karena Covid-19 atau penyakit lainnya dibuang ke Sungai (Gangga) alih-alih dibuang sesuai ritual yang tepat," tutur Manoj Kumar Singh.

Baca Juga: Warga Sawah Besar Jakarta Tolak Pemudik Kembali jika Tak Sertakan Surat Bebas Covid-19

Singh menegaskan, sebagian besar jenazah yang ditemukan di Sungai Gangga, tidak menunjukkan adanya infeksi virus corona usai diautopsi.

Hasil tersebut ditemukan pada 4 dari 5 jenazah yang didapat di distrik Ghazipur.

"Tubuh jenazah sudah terdekomposisi. Jadi saya sendiri tidak yakin ada jenazah positif Covid-19 yang akan ditemukan," kata Singh.

Lebih lanjut, Manojh blak-blakan warga India tengah menghadapi krisis hingga tak memiliki dana yang cukup untuk mengkremasi jenazah-jenazah tersebut.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X