Bantu Palestina, Rudal Pasokan dari Iran Digunakan Suriah untuk Menyerang Israel

- 15 Mei 2021, 16:39 WIB
Ilustrasi rudal Iran.
Ilustrasi rudal Iran. /Dok.Iranian Revolutionary Guard via AP


PIKIRAN RAKYAT - Suriah menembakkan rudal dengan jangkauan setidaknya 50 km menuju Israel. Dari tiga rudal ditembakkan, satu meledak di wilayah negara Arab, dua lainnnya menghantam Israel.

Rudal yang ditembakkan Suriah itu disebutkan dipasok dari negara tetangga Iran, yang memiliki sistem pertahanan kuat.

Menurut laporan media Israel, Jerussalem Post, rudal itu ditembakkan pada Jumat, 14 Mei 2021 malam waktu setempat. Tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan akibat serangan rudal Suriah itu.

Serangan rudal Suriah itu terjadi di tengah eskalasi yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, serta Jihad Islam Palestina di Jalur Gaza.

Baca Juga: Siapa Hamas dan Mengapa Terus Melawan Israel?

Laporan Bulgarian Military menyebutkan sistem radar peringatan dini Tzeva Adom milik tentara Israel tidak berfungsi, tidak mencegat rudal, dan memungkinkan rudal memasuki wilayah Israel dan mendarat di sana.

Serangan rudal dari Suriah ini diklaim oleh sebuah organisasi bernama Batalyon Pembebasan Palestina atau Palestinian Liberation Battalions.

Sumber lapangan menyebutkan beberapa hari sebelum serangan rudal Suriah ke Israel, sebuah pesawat kargo Iran diizinkan masuk ke negara itu. Pesawat tersebut dilaporkan sedang mengangkut rudal dan menyerang kendaraan udara yang tidak memiliki awak untuk digunakan melawan Israel.

Baca Juga: Mengenal Brigade Al Qassam, Pasukan Palestina Berani Mati di Jalur Gaza

Insiden ini terjadi ketika kekerasan terus meningkat selama kerusuhan solidaritas yang diadakan di perbatasan Israel dengan Lebanon, Yordania, di kota-kota Arab Israel dan di Tepi Barat.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Jerussalem Post, Bulgarian Military


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X