Ingin Rebut Pulau dari China, 4 Negara Sedang Berlatih Kumpulkan Kapal dan Pasukan

- 15 Mei 2021, 13:49 WIB
Sebuah kapal Penjaga Pantai China berlayar di Laut China Timur dekat Kepulauan Senkaku yang disengketakan.
Sebuah kapal Penjaga Pantai China berlayar di Laut China Timur dekat Kepulauan Senkaku yang disengketakan. /Reuters


PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 4 pasukan militer dari Jepang, Prancis, Amerika Serikat dan Australia dilaporkan sedang berlatih untuk merebut kembali sebuah pulau dari China.

Diwartakan Forbes, Sabtu, 15 Mei 2021, tak satu pun dari 4 negara itu dengan lantang akan berperang, tetapi musuh dalam skenario latihan itu adalah China.

Medan pertempuran dalam latihan itu adalah Kepulauan Senkaku, sebuah kelompok pulau yang diklaim China dan Jepang, tetapi dikelola Jepang.

Forbes juga menyebutkan kapal, pesawat, dan pasukan yang terlibat dalam latihan Jeanne D'Arc '21 atau “ARC21,” memberikan gambaran tentang kekuatan yang mungkin diperlukan untuk merebut kembali sebuah pulau setelah pasukan China merebutnya.

Baca Juga: Susul AS, China Sukses Jadi Negara Kedua yang Mendarat di Mars

Dalam latihan 4 negara itu mensimulasikan dua kapal pengangkut helikopter, satu kapal dermaga dan satu kapal pendarat tank bersama dengan tiga kapal perusak, tiga fregat, dua kapal patroli, dan satu kapal selam sebagai pengawal.

Tak hanya itu, latihan itu juga disertakan kekuatan pendukung yang beroperasi khusus.

Secara keseluruhan, kelompok amfibi dan pasukan pendukungnya mensimulasikan cerita tentang rencana sekutu jika Beijing merebut salah satu Senkakus atau beberapa pulau lain yang diklaimnya di perairan sengketa Laut Cina Timur dan Selatan.

"Latihan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama pertahanan menuju terwujudnya bebas dan terbuka Indo-Pasifik,” kata kementerian pertahanan Jepang.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Bakal Batasi Kapasitas Pengunjung

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Forbes


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X