Konflik Ukraina Memanas, Rusia dan Inggris Sama-sama Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam

- 18 April 2021, 19:16 WIB
Ilustrasi kapal perang.
Ilustrasi kapal perang. /Reuters/HANDOUT


PIKIRAN RAKYAT - Rusia dan Inggris sama-sama mengirim kapal perang ke Laut Hitam di saat ketegangan antara Moskow dan Ukraina memanas menyusul pengusiran diplomat dari kedua negara.

Rusia mengerahkan dua kapal perang melalui Bosphorus pada Sabtu 17 April 2021 dan mengirim kapal tambahan yang lebih kecil dari armada Kaspia dan Baltik.

Dikutip dari Politico, Minggu, 18 April 2021, pengerahan kapal perang Rusia itu bertujuan untuk memperkuat kehadirannya di Laut Hitam.

Baca Juga: Tembok Beton di Penjaringan Jakarta Utara Masih Jadi Sengketa, Pemkot Coba Turun Tangan

Baca Juga: Kunjungi Pameran IIMS, Sandiaga Apresiasi Telah Terapkan Prokes Berbasis CHSE

Pergerakan kapal perang muncul di atas penumpukan pasukan besar-besaran Rusia di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir yang memicu kekhawatiran kemungkinan invasi oleh Rusia.

Sekutu negara-negara Barat telah bersatu di belakang Ukraina atas agresi militer Moskow, tetapi berhenti memberikan bantuan atau sanksi militer tambahan.

Sementara itu, Inggris berencana mengerahkan kapal ke wilayah tersebut bulan depan dalam upaya untuk menggarisbawahi dukungan kepada Ukraina, menurut laporan The Sunday Times.

Pekan lalu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken berdiri teguh dengan Ukraina.

Namun, mereka tidak menunjukkan langkah apa yang mungkin diambil untuk melawan perilaku Rusia.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Politico


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X