Pengakuan Pejabat Tiongkok: Vaksin China Tidak Memiliki Perlindungan yang Sangat Tinggi

- 11 April 2021, 13:13 WIB
Bendera China.
Bendera China. /Pixabay/glaborde7


PIKIRAN RAKYAT - Pejabat China memberikan pengakuan yang jarang tentang kelemahan vaksin Covid-19 China dengan menyebutkan tingkat keefektifan yang rendah.

"(Vaksin China) tidak memiliki tingkat perlindungan yang sangat tinggi," kata direktur Pusat Pengendalian Penyakit China, Gao Fu, pada konferensi Sabtu, 10 April 2021 di kota barat daya Chengdu, seperti dikutip dari Japan Today.

China telah mendistribusikan ratusan juta dosis vaksin di negara lain, namun juga mencoba meragukan keefektifan vaksin Barat.

Baca Juga: Lowongan Kerja April 2021: Kalbe Nutritionals Cari Lulusan S1

Baca Juga: Berjualan Pakai Baju Rapi dan Dasi, Seorang Tukang Sayur di Majalengka Curi Perhatian

“Sekarang dalam pertimbangan resmi apakah kami harus menggunakan vaksin yang berbeda dari jalur teknis yang berbeda untuk proses imunisasi,” kata Gao.

Tingkat efektivitas vaksin Covid-19 dari Sinovac, pengembang China, dalam mencegah infeksi gejala telah ditemukan serendah 50,4 persen oleh para peneliti di Brasil.

Sebagai perbandingan, vaksin yang dibuat oleh Pfizer memiliki tingkat efektif 97 persen.

Gao Fu tidak memberikan rincian kemungkinan perubahan dalam strategi, tetapi ia menyebutkan mRNA, teknik eksperimental sebelumnya yang digunakan oleh pengembang vaksin Barat sementara pembuat obat China menggunakan teknologi tradisional.

“Setiap orang harus mempertimbangkan manfaat vaksin mRNA bagi umat manusia. Kita harus mengikutinya dengan hati-hati dan tidak mengabaikannya hanya karena kita sudah memiliki beberapa jenis vaksin," kata Gao.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Japan Today


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X