Pesawat Nirawak China Berseliweran, Taiwan Makin Deg-degan

- 8 April 2021, 11:32 WIB
China mengerahkan pesawat nirawak ke Taiwan, dibalas dengan pengerahan kapal-kapal perang Amerika Serikat. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Hubungan China dan Taiwan rupanya semakin panas, terbukti saat Lee Chung Wei, yang menjadi Kepala Dewan Urusan Kelautan di bawah kendali Penjaga Pantai Taiwan, mengatakan bahwa baru-baru ini melihat pesawat nirawak China mengelilingi Pulau Pratas.

"Mereka (China) tidak pernah memasuki perairan dan wilayah udara kami yang dibatasi, mereka hanya terbang di sekitar (wilayah) mereka pada jarak tertentu," ujar pejabat Taiwan itu.

Meskipun China tidak mengakui klaim kedaulatan Taiwan, pesawat dan kapal mereka terus bergerak di luar zona terlarang Taiwan, yang membentang sejauh 6 km dari pantainya.

Alan Jones dari Sky News Australia mengatakan bahwa di lain hari, manuver agresif China meningkatkan ancaman untuk menguasai Taiwan.

Baca Juga: Indonesia-China Capai Kesepakatan Dagang Senilai Rp20 Triliun

Baca Juga: Buntut Tudingan Berselingkuh, Desiree Tarigan Resmi Laporkan Hotma Sitompul

"Ini bukan penerbangan rutin kecil yang kami lihat di awal tahun, China mengumpulkan kelompok pertempuran termasuk kapal induknya di perairan tepat di sebelah Taiwan," kata Alan Jones.

"Sebagai tanggapan, Angkatan Laut AS telah mengirim salah satu kapal induknya ke Laut Natuna Utara untuk melakukan apa yang mereka sebut operasi rutin. Jepang juga telah mengerahkan kapal perusak di daerah itu,” tutur wartawan Australia itu.

Selain itu, Alan Jones juga memperingatkan permusuhan di wilayah tersebut semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Express


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X