Tak Mau Kalah, China Kecam AS Merusak Stabilitas Regional Usai Kapal Perang US Navy Berlayar ke Selat Taiwan

- 25 Februari 2021, 11:39 WIB
Bendera Amerika Serikat dan China. /Reuters/Tingshu Wang
PIKIRAN RAKYAT - Perselisihan antara China dan Amerika Serikat terus berlanjut termasuk baru-baru ini terkait Taiwan yang diklaim Beijing sebagai provinsinya.

Militer China pada Kamis, 25 Februari 2021 mengecam Amerika Serikat karena dianggap merusak perdamaian dan stabilitas regional.

Pernyataan itu dikeluarkan China setelah kapal perang Angkatan Laut AS (US Navy) berlayar melalui Selat Taiwan sehari sebelumnya.

Dikutip dari Reuters, seorang juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan militer China melacak kapal USS Curtis Wilbur milik angkatan laut AS.

Baca Juga: Penembakan di Cengkareng Tewaskan Tiga Orang, Pelaku Diduga Oknum Polisi

Sementara, AS menyebut kapal perangnya itu melakukan 'transit rutin di Selat Taiwan'.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS pada Sabtu, 20 Februari 2021 mengulangi seruan agar Beijing 'menghentikan tekanan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan'.

Deplu AS menambahkan bahwa China harus sebaliknya terlibat dalam dialog yang berarti dengan perwakilan Taiwan yang terpilih secara demokratis.

Beijing menganggap Taiwan sebagai wilayah yang berusaha memisahkan diri dan harus segera dipersatukan dengan seluruh China daratan dalam kebijakan 'One China Policy'.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X