Jet Tempur China Terbang di Wilayah Taiwan, Picu Kekhawatiran Perang di Laut Natuna Utara

- 23 Februari 2021, 19:39 WIB
Ilustrasi pesawat tempur. Taiwan aktifkan sistem rudal usai 11 jet tempur China terbang di Kepulauan Pratas, Laut Natuna Utara. /Pixabay/Wikiimages

PIKIRAN RAKYATChina tak henti-hentinya memicu kekhawatiran negara tetangganya atas ancaman perang di Laut Natuna Utara.

Baru-baru ini China dilaporkan telah menerbangkan satu skuadron jet tempur dan pembom di dekat pulau-pulau yang diawasi oleh Taiwan di wilayah Laut Natuna Utara.

Melansir laman Express, Kementerian Pertahanan Taiwan mengklaim telah melihat 11 jet China pada Sabtu, 20 Februari 2021, yang terdiri dari delapan pesawat tempur, sebuah pesawat anti-kapal selam, dan dua pembom H-6 berkemampuan nuklir di dekat Kepulauan Pratas.

Tentu aksi Beijing memicu ketegangan dengan Taiwan, setelah sebelumnya pada hari Jumat China telah melakukan latihan di wilayah yang disengketakan.

Baca Juga: Cetak Gol Terakhir Saat Man Utd Lawan Sociedad, Daniel Jame Anggap Belum Berakhir

Baca Juga: Demi Kado Valentine, Seorang Wanita di Afrika Selatan Bunuh Seekor Jerapah Langka 

Pihak Kementerian Pertahanan China mengatakan pasukan angkatan laut Beijing telah mengambil bagian dalam aktivitas pada Sabtu lalu.

Hal itu langsung memicu kemarahan AS, dan mendesak China menghentikan tekanan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan Beijing harus terlibat dialog dengan perwakilan Taiwan demi menemukan jalan keluar.

Halaman:

Editor: Nopsi Marga

Sumber: Express


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X