Temukan Cadangan Minyak dan Gas di Laut Natuna Utara, China Makin Berani Gelar Latihan Perang

- 26 Januari 2021, 14:30 WIB
Ilustrasi lokasi pengeboran minyak dan gas serta kapal perang. /Pixabay/keridjackson/Defence-Imagery

PIKIRAN RAKYAT - China baru saja mengumumkan penemuan cadangan minyak dan gas di Laut Natuna Utara pada Senin 25 Januari 2021. Kabar ini diumumkan China National Offshore Oil Corp (CNOOC).

Media Partai Komunis China, The Global Times mengklaim cadangan minyak dan gas di Laut Natuna Utara itu merupakan yang terbesar, yakni sekitar 50 juta kubik meter.

Menyusul kabar penemuan cadangan minyak dan gas di Laut Natuna Utara, China dalam waktu dekat akan unjuk gigi dengan menggelar latihan militer demi di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Syarat KPR Rumah Subsidi Pemerintah 2021, Salah Satunya Penghasilan Maksimum Rp8 Juta

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Global Times, cadangan minyak dan gas yang baru ditemukan CNOOC dinamai Huizhou 26-6. Lokasinya berada di dangkalan Muara Sungai Mutiara alias Zhujiang.

Penemuan ini dikabarkan telah dikonfirmasi dan disetujui oleh Kantor Peninjau Cadangan Minyak dan Gas Kementerian Sumber Daya Alam China.

Cadangan minyak dan gas sebesar 50 juta meter kubik tersebut diyakini dapat memperkuat ketahanan energi di wilayah Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau.

Baca Juga: Charly van Houten Ramai Diperbincangkan Jadi Duta Pendidikan, Berikut Penjelasan Disdik Jabar

Berjarak 162 kilometer dari Hong Kong, cadangan minyak dan gas itu berada di lautan dengan kedalaman 113 meter dengan tebal lapisan reservoir hingga 422.2 meter.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Global Times, Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X