Joe Biden Bikin China Makin Dimusuhi, Xi Jinping Marah dan Ancam akan Mulai 'Perang Dingin Baru'

- 26 Januari 2021, 08:08 WIB
Presiden China Xi Jinping. /Situs Kedubes China untuk Indonesia

 

 

PIKIRAN RAKYAT - Presiden China Xi Jinping mewanti-wanti para pemimpin dunia agar tidak menyulut 'perang dingin baru'. Peringatan Xi Jinping dilontarkan dalam forum virtual World Economic Forum Annual Meeting 2021 di Davos, Swiss pada Senin 25 Januari 2021.

Presiden China Xi Jinping mendesak para pemimpin dunia untuk bersatu melawan pandemi Covid-19 dan jangan membuat keributan di tengah krisis yang melanda bumi ini.

Pernyataan Presiden China Xi Jinping itu tampaknya ditujukan pada Presiden AS Joe Biden yang menggaungkan aliansi global untuk melawan pengaruh Republik Rakyat China (RRC) yang semakin agresif.

Baca Juga: Chelsea Pecat Frank Lampard, Jose Mourinho Singgung Kebrutalan Sepak Bola

"Untuk menciptakan kelompok-kelompok kecil yang tak ramah pada negara lain atau memulai perang dingin baru, menolak, mengancam, atau mengintimidasi yang lain hanya akan membuat dunia semakin terpecah belah," ujar Xi Jinping dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Al Jazeera.

Kendati diarahakah pada Joe Biden, forum Davos tidak dihadiri oleh Presiden AS ke-46 itu. Joe Biden saat ini masih sibuk dengan urusan dalam negeri AS.

Sebagai pengganti Joe Biden, Amerika Serikat mengirim John Kerry, perwakilan AS untuk masalah iklim ke forum Davos tersebut.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Al Jazeera


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X